Selasa 26 Jan 2016 10:19 WIB

Jarang Sikat Gigi Sebabkan Pria Kehilangan Kejantanannya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Pentingnya menjaga kebersihan gigi
Foto: pixabay
Pentingnya menjaga kebersihan gigi

REPUBLIKA.CO.ID, Jarang menyikat gigi bukan saja membuat gigi dan mulut Anda bau busuk. Tapi juga ternyata menurunkan fungsi kejantanan pria.

Sebuah penelitian baru di Taiwan bahkan menunjukkan bahwa kebersihan gigi yang buruk dapat menghambat kemampuan Anda untuk mendapatkan ereksi yang sempurna.

Dalam studi ini, pria dengan disfungsi ereksi, sebanyak 79 persen didiagnosa menderita penyakit gigi kronis atau chronic periodontal disease (CPD) dibandingkan pria tanpa masalah disfungsi ereksi.  

CPD adalah sebuah infeksi yang terjadi ketika gusi menarik diri atau menjauh dari gigi, menciptakan kantong yang mengandung bakteri dan memungkinkan hama menyebar ke tulang seputar gigi.

Peradangan kronis yang disebabkan oleh penyakit gusi mungkin akan merusaka sel endothelial Anda, yang membentuk lapisan di semua pembuluh darah Anda termasuk penis.

"Kerusakan endothelial yang dapat mengakibatkan kelemahan aliran darah, meninggalkan Anda lemah di dalam karung," ujar Larry Lipshultz, MD, seorang penasehat urologi untuk  kesehatan pria.

Karena aliran darah ke penis sekitar 25 persen menyumbang ke serangan jantung, ED sering dapat berfungsi sebagai sebuah peringatan awal untuk masalah jantung dan penyakit pembuluh darah. Jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memastikan anggota tubuh Anda tidak hanya malfungsi, dikutip dari Men's Health, Selasa (26/1).

(baca: Pentingnya Menjaga Kesehatan Alat Kelamin Pria)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement