Selasa 26 Jan 2016 08:40 WIB

Obat Alami Atasi Karies Gigi

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Jamur shiitake
Foto: pixabay
Jamur shiitake

REPUBLIKA.CO.ID, Karies gigi merupakan penyakit yang cukup umum diderita akibat asam dalam plak gigi menggerogoti gigi dan membuat gigi berlubang. Plak itu sendiri terbentuk ketika bakteri dalam mulut secara alami mengubah makanan menjadi asam. Ketika asam bercampur dengan liur dan bakteri, maka saat itu terbentuk plak yang menempel pada gigi.

Plak yang tidak dibersihkan akan terus menempel di gigi. Asam dalam plak yang tidak dibersihkan ini kemudian menyebabkan karies gigi terjadi. Pada dasarnya karies gigi bisa dihindari dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari, terlebih setelah memakan makanan manis yang lengket. Karies gigi juga dapat dihindari dengan membersihkan gigi menggunakan benang minimal satu kali sehari dan memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin.

Selain mengunjungi dokter gigi, ternyata ada tiga bahan alami yang dapat melindungi dan mencegah karies gigi terjadi. Berikut ini ialah ketiga bahan alami tersebut.

Teh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh rutin dapat menurunkan risiko insidensi dan kondisi buruk dalam karies gigi. Sebuah penelitian pada 2003 yang dilakukan pada hamster, misalnya, menemukan bahwa teh hitam dapat mengurangi karies gigi. Penelitian lainnya juga menemukan bahwa antioksidan dalam teh oolong dapat mencegah timbulnya karies gigi.

Cranberry

Senyawa dalam cranberry dapat melawan karies gigi dengan cara menghambat atau mencegah produksi asam dan menghentikan bakteri menempel pada gigi. Penelitian pada 2008 tersebut juga menyatakan bahwa cranberry dapat bermanfaat untuk mengatasi penyakit mulut lainnya karena cranberry memiliki sifat sebagai anti-inflamasi.

Shiitake

Sebuah penelitian menemukan bahwa jamur shiitake dapat mencegah terjadinya karies gigi. Penelitian yang dilakukan pada 2000 terhadap tikus ini menunjukkan bahwa hewan yang diberi makan jamur shiitake memiliki karies yang lebih sedikit, dilansir dari laman About, Selasa (26/1).

(baca: Waspada, Sakit Gigi Bisa Timbulkan Stroke)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement