Selasa 26 Jan 2016 08:25 WIB

7 Tips Jaga Kesehatan Mulut Saat Hamil

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Perempuan memeriksakan giginya ke dokter gigi.
Foto: Antara
Perempuan memeriksakan giginya ke dokter gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan dari permasalahan mulut selama hamil, American Academy of Pediatric Dentistry memberikan panduan seputar kekhawatiran tersebut.

Tips tersebut penting disimak karena calon ibu dengan penyakit gusi memiliki risiko lebih tinggi kelahiran prematur dan komplikasi kehamilan yang bisa menyebabkan masalah kesehatan bayi.

Berikut tujuh tips menjaga kesehatan mulut saat hamil.

1. Pendidikan kesahatan mulut bagi ibu hamil penting dilakukan. Dengan melakukan konseling sejak awal oleh penyedia layanan kesehatan, seperti dokter, perawat, atau dokter gigi  akan membuat ibu hamil memahami pentingnya perawatan kesehatan mulut.

2. Kebersihan mulut dengan melepaskan plak-plak bakteri sangat penting untuk kelahiran bayi. Peneliti menyatakan, plak-plak di mulut memiliki kaitan dengan kelahiran bayi prematur dan dengan berat badan rendah. Menggunakan sikat gigi yang benar dan metode membersihkan gigi dengan benang sangat membantu menghilangkan jumlah plak yang ada di gigi dan gusi.

(baca juga: Awas, Kelainan Leher Rahim Picu Kelahiran Mendadak)

3. The American Dental Association merekomendasikan penggunaan pasta gigi dengan fluoride sejak berusia di atas enam tahun. Pedoman kesehatan mulut AAP menyarankan penggunaan pasta gigi berfluoride terus dilakukan selama kehamilan, dan merekomendasikan penggunaan obat kumur fluoride bebas alkohol untuk membilas agar mengurangi jumlah plak dalam mulut.

4. Mendidik ibu hamil tentang diet yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan gizi selama kehamilan akan membatasi asupan gula yang tidak perlu. Sehingga berefek pada pencegahan terjadinya plak berlebih pada mulut dan gigi.

5. Mengobati gigi yang sudah rusak atau bermasalah perlu dilakukan ibu hamil. Para ahli meyakini, pengobatan gigi dalam masa kehamilan aman dilakukan. Memulihkan gigi membusuk akan membantu mencapai kesehatan mulut dengan menghapus bakteri yang berhubungan dengan kerusakan gigi.

6. Ibu hamil perlu menghindari membagi makanan secara langsung dan penggunaan alat makan bersama. Sebab, menghindari penularan bakteri yang bisa merusak gigi.

7. Dianjurkan untuk mengunakan permen karet xyilitol. Dengan mengunyah xyilitol selama empat kali sehati akan menurunkan tingkat kerusakan gigi pada anak, dan pastinya juga ibu hamil, dilansir dari laman About, Selasa (26/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement