Selasa 26 Jan 2016 08:19 WIB

Sakit Gigi di Ibu Hamil Bisa Induksi Persalinan

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Memeriksakan gigi ke dokter gigi penting dilakukan dari sebelum hamil.
Foto: Antara
Memeriksakan gigi ke dokter gigi penting dilakukan dari sebelum hamil.

REPUBLIKA.CO.ID, Kesehatan ibu hamil harus selalu terjaga, baik yang berhubungan langsung dengan kehamilan hingga hal yang rasanya tidak terkait. contohnya kesehatan mulut.

Kesehatan mulut pada ibu hamil padahal tidak kalah penting diperhatikan. Mengapa? Calon ibu dengan penyakit gusi memiliki risiko lebih tinggi kelahiran prematur dan komplikasi kehamilan yang bisa menyebabkan masalah kesehatan bayi.

Gingivitis saat hamil merupakan bentuk umum penyakit gusi yang didapat wanita hamil karena perubahan hormon. Umumnya, gingivitis ini akan berakhir tidak lama setelah melahirkan.

Meskipun begitu, pantauan dokter gigi menjadi penting selama kehamilan untuk mencegah bentuk gingivitis yang lebih serius. Sebab jika berlanjut lebih serius maka ada kaitannya dengan kelahiran prematur.

Ibu hamil dengan penyakit periodontal berpeluang tujuh kali lebih besar untuk melakukan persalinan prematur. Prostaglandin merupakan bahan kimia yang ditemukan pada bakteri mulut dan dapat menyebabkan menginduksi persalinan, dikutip dari laman About, Selasa (26/1).

(baca: Ini Dia Ciri-Ciri Ibu Mau Melahirkan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement