Kamis 21 Jan 2016 22:03 WIB

Akhirnya USU Punya Rektor

Rep: Issha Harruma/ Red: Ani Nursalikah
Universitas Sumatera Utara
Universitas Sumatera Utara

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Setelah selama ini dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt), Universitas Sumatra Utara (USU) akhirnya memiliki Rektor. Runtung terpilih sebagai Rektor USU setelah melewati empat tahapan proses pemilihan.

Ia berhasil mengungguli dua pesaingnya, yakni Zulkifli Nasution dan Subhilhar. "Berdasarkan hasil perhitungan suara rapat MWA USU dengan agenda pemilihan Rektor USU periode 2016-2021, sore ini, maka Runtung menjadi Rektor terpilih," kata Kepala Bagian Humas USU, Bisru Hafi, Kamis (21/6).

Runtung terpilih menjadi Rektor USU dengan perolehan suara sebanyak 19 suara atau sebesar 62,38 persen. Sementara pesaingnya, Zulkifli Nasution memperoleh delapan suara atau 27,36 persen, dan Subhilhar tiga suara atau 10,26 persen.

Dalam proses pemilihan, calon rektor dipilih oleh 21 orang dari Majelis Wali Amanat (MWA) USU. MWA Sumut yang diketuai Todung Mulya Lubis ini terdiri dari delapan orang Senat Akademik, sembilan dari masyarakat, Ketua Ikatan Alumni USU, Rektor USU, Gubernur Sumut, serta Menteri Riset Tekologi dan Dikti.

Namun dalam pemilihan kali ini, ketiga nama tersebut tidak dipilih oleh Rektor sehingga hanya 20 suara yang digunakan. Dari ke-21 anggota MWA tersebut, suara paling besar adalah Menristekdikti sebesar 35 persen. Sedangkan sisanya, 65 persen dibagi kepada anggota MWA lain yang hadir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement