Selasa 19 Jan 2016 07:54 WIB

5 Rasa Sakit yang Jika Diabaikan Fatal Akibatnya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Seorang perempuan sedang didera rasa sakit/ilustrasi
Foto: wikipedia
Seorang perempuan sedang didera rasa sakit/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda sering sakit perut, pinggang, kepala atau bagian tubuh lainnya?

Jangan sering mengabaikan rasa sakit itu. Atau dengan mudah berpikir bahwa sakit bisa hilang cepat hanya dengan mengonsumsi pil atau obat pereda rasa sakit.

Mengabaikan gejala rasa sakit untuk waktu yang lama terbukti bisa berbahaya bagi sistem tubuh Anda. Rasa sakit adalah cara tubuh cara untuk memberitahu Anda bahwa ada sesuatu yang salah. Jika Anda tidak mengindahkan apa yang dikatakan tubuh, Anda akan menderita konsekuensi yang merugikan.

Mengetahui penderitaan umum menunjukkan bahwa Anda perlu melihat keluar untuk memastikan bahwa Anda tidak akan menyesali kodisi fisik Anda.

Sakit dada

Ada banyak penyebab yang memungkinkan untuk nyeri dada. Beberapa merasa sedikit tidak nyaman seperti rasa panas dalam perut, reflux, penyakit gastroesophageal reflux (Gerd) sementara yang lain banyak yang lebih serius.

Kurangnya olahraga atau obesitas dapat menyebabkan nyeri dada ketika Anda mengerahkan tenaga. Itulah saat yang perlu Anda khawatirkan.

Tentu saja, tidak semua penderitaan di dada atau lengan adalah petunjuk untuk serangan jantung. Tapi jadi masuk akal untuk berkonsultasi dengan dokter mencari tahu jika alasan rasa sakit.

Jika Anda sering merasa lelah atau terengah-engah bahkan setelah berjalan dalam jarak pendek, berkonsultasilah dengan dokter.

Umumnya, ketidaknyamanan yang terkait dengan penyakit jantung mempengaruhi bagian dada atas, bagian sisi kiri dada, tenggorokan, rahang, kiri bahu atau lengan, dan mungkin disertai oleh pusing dan berkeringat.

Jika Anda seorang diabetesi, adalah hal mendesak dan Anda harus berhati-hati. Penderita diabetes dikenal mengalami serangan jantung tanpa gejala klasik pada umumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement