Ahad 17 Jan 2016 05:37 WIB

Waduh, Jumlah Remaja Perokok Pasif Kian Besar

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Asap rokok
Foto: flickr
Asap rokok

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah studi pemerintah menemukan meskipun sedikit remaja AS yang merokok, tapi angka perokok pasif tetap menjadi masalah besar bagi mereka.

Hampir setengah dari anak yang tidak merokok di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas menjadi perokok pasif di 2013, dan angkanya bahkan lebih tinggi daripada perokok.

Studi sebelumnya pada remaja dan perokok pasif di tempat spesifik, seperti mobil atau di dalam ruangan menunjukkan bahwa masalah ini telah ditolak dalam beberapa tahun terakhir, tapi penelitian baru menunjukkan itu masih mempengaruhi jutaan anak-anak.

Temuan ini memprihatinkan karena U.S. Surgeon General telah menyimpulkan bahwa tidak ada perokok pasif yang aman, ujar penulis Israel Agaku, yang juga seorang peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit seperti dikutip dari AP, Ahad (17/1).

Menurutnya, perokok pasif terkait dengan beberapa penyakit pada anak-anak, termasuk masalah pernapasan, infeksi telinga, bronkitis dan pneumonia. Pada orang dewasa, terkait dengan penyakit jantung dan kanker paru-paru.

Hasil penelitian didasarkan pada sebuah survei nasional di lebih dari 17 ribu sekolah menengah dan sekolah tinggi anak. Paparan didefinisikan berada di sekitar asap rokok setidaknya sekali dalam minggu terakhir.

Hampir 1 dari 4 bukan perokok yang dilaporkan terekspos apapun mengatakan mereka berada di sekitar asap rokok setiap hari. Ini termasuk rumah, sekolah, mobil dan tempat umum. Tidak jelas seberapa banyak dan lama paparan itu.

Penelitian dipublikasikan secara online Senin di jurnal Pediatrics 2013. Data CDC menunjukkan bahwa pemuda merokok telah turun terus dalam beberapa tahun terakhir, mencapai 9 persen di kalangan sekolah dasar tinggi pada tahun 2014. Setidaknya 26 negara telah membuat undang-undang bebas rokok  yang mempengaruhi merokok di tempat umum dan tempat kerja, dan lebih dari 80 persen dari rumah AS telah menetapkan peraturan tanpa merokok.

Para peneliti mengatakan bahwa penelitian menunjukkan hasil yang diperlukan untuk memperluas upaya untuk zona bebas rokok.

(baca: Studi: Beramal Sanggup Buat Tubuh Jadi Lebih Sehat)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement