Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Ini Empat Cara Alami Mengobati Vitiligo

Kamis 14 Jan 2016 08:43 WIB

Rep: c32/ Red: Andi Nur Aminah

Daun kemangi

Daun kemangi

Foto: blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, Vitiligo memang bukan penyakit kulit yang membahayakan nyawa seseorang. Hanya saja, bercak putih pada kulit tetap saja sepertinya mengganggu, apa lagi jika harus bepergian keluar rumah dan bertemu dengan banyak orang.

Seperti dilansir Mega Bored beberapa waktu lalu, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menangani vitiligo. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah untuk didapatkan.

 

1. Daun kemangi

Daun kemangi dikemas dengan sifat antivirus, antibakteri, dan antipenuaan. Itu sebabnya daun kemangi secara tradisional bisa mengobati segala macam penyakit kulit, termasuk vitiligo.

Sebelumnya, daun kemangi bisa dihancurkan dengan air jeruk nipis untuk memproduksi melanin dan ambillah ekstraknya. Berikan ekstrak tersebut pada bagaian kulit yang terkena vitiligo tiga kali dalam sehari selama enam bulan.

 

2. Tanah liat merah

Beberapa ahli percaya tanah liat merah bisa memproduksi melanin pada kulit. Dalam mengobati vitiligo, campurkan beberapa sendok makan tanah liat merah dengan ekstrak jahe hingga menjadi pasta.

Lalu Oleskan pasta pada bintik-bintik putih di kulit sekali dalam sehari. Ekstrak jahe akan meningkatkan khasiat tanah liat merah, selain itu juga bisa meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik.

 

3. Kunyit

Bahan ini mengandung senyawa botani yang bisa meningkatkan kulit untuk melakukan repigmentasi. Campurkan saja kunyit dengan minyak mustard untuk menjadi pilihan lain dalam menangani penyakit vitiligo.

Pertama, kumpulkan beberapa akar kunyit sebanyak 500 gram. Hancurkan akar kunyit tersebut menggunakan pisau. Setelah hancur, rendam akar kunyit tersebut dengan delapan liter air selama semalam. 

Pagi harinya, kurangi seperdelapan volume air rendaman akar kunyit lalu saring. Setelah itu, air saringan tersebut dicampur dengan minyak mustard dan panaskan hingga semuanya menyatu. Selanjutnya,  oleskan pada kulit yang terkena bercak putih dua kali sehari.

 

4. Ginkgo Biloba

Ekstrak ginkgo biloba merupakan pengobatan efektif untuk tahap lanjutan dari vitiligo. Mengonsumsi 40 mg suplemen ginkgo biloba tiga kali sehari bisa membantu pigmen kulit bekerja kembali. Uji klinis menunjukkan, ekstrak ginkgo biloba dapat membantu mengobati vitiligo.

 

5. Biji babchi

Biji tersebut secara tradisional digunakan untuk mengobati vitiligo dengan mencampurnya bersama bubuk asam. Rendam campuran tersebut dalam air selama empat hari lalu saring hingga menjadi pasta.

Oleskan pasta pada daerah yang terkena vitiligo selama seminggu. Perhatikan, beberapa orang ada yang sensitif terhadap biji babchi sehingga perlu melakukan tes pada bercak putih yang kecil dahulu. Jika terjadi iritasi maka jangan diteruskan. 

 

(Baca Juga: Yuk, Kenali Apa Itu Penyakit Vitiligo!)

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA