Senin 11 Jan 2016 13:19 WIB

Betulkan Potong Rambut Bisa Usir Kutu Rambut?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Kutu rambut (ilustrasi)
Foto: safebee
Kutu rambut (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Selain dengan shampo dan obat kutu, cara apa lagi yang bisa mengusir kutu? Apakah dengan potong rambut bisa mengusir kutu?

Dalam laman Safebee belum lama ini, disebutkan bahwa menurut Journal of Pediatric, beberapa orang mendukung pengobatan kutu di rumah seperti memakai petroleum jelly di rambut untuk satu atau dua jam. Selanjutnya kemudian dicuci. Langkah ini bisa membunuh beberapa kutu rambut namun hal itu belum cukup tuntas.

Lalu mandi lama dan merendam kutu apakah juga ampuh? Ternyata tidak. Karena kutu bisa bertahan hidup di air sampai delapan jam. Namun Anda tentu saja tidak harus menggunakan bensin, kerosene atau insektisida pengendali hama untuk menyingkirkan kutu rambut.

Menurut para ahli, cara yang mudah untuk menghilangkan kutu adalah dengan cara kuno. Yaitu jika anak Anda bersedia, potong pendek rambutnya dengan cara singkat. Cukup beberapa menit dengan gunting atau alat potong rambut. Ini pasti lebih mudah daripada selama satu jam atau lebih setiap hari menyisir kutu dan telurnya keluar rambut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement