Jumat 08 Jan 2016 13:00 WIB

Tahun Baru, Mobil Baru

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,Tahun Baru, Mobil Baru

ROSSI HANDAYANI, KHOIRUL AZWAR 

Toyota dan Mitsubishi sama-sama akan mengeluarkan kendaraan jenis SUV baru.

Para produsen otomotif tampaknya menaruh harapan pada 2016. Mereka memprediksi dengan asum si pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,3 persen kelak akan berdampak positif bagi pasar mobil di Tanah Air.

Dengan rasa optimistis tersebut, sejumlah produsen telah menyiapkan kendaraan terbarunya yang akan diluncurkan pada awal tahun ini.

Toyota Astra Motor (TAM), misalnya, akan memperkenalkan All New Fortuner kepada konsumen di Tanah Air.

Be gitu juga dengan Mitsubishi yang akan meluncurkan kendaraan jenis sport utility vehicle(SUV) terbaru.

Kepala Pemasaran Mitsubishi Motors Corporation (MMC) PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) Imam Choeru Cahya memastikan keluaran mobil per tama Mitsubishi di Indonesia akan diluncurkan pada kuartal I 2016. \"Be - tul, rencananya pada kuartal I 2016,\"

 
katanya, Kamis (7/1). \"Tapi, ka pan waktu pastinya masih dipe lajari.\" 

Ia melihat, Indonesia menjadi pasar strategis dan penting bagi MMC.

Untuk menunjang pasar tersebut, perusahaan tengah membangun pabrik manufaktur kendaraan penumpang di Bekasi, Jawa Barat. Sementara, untuk produksi All New Pajero Sport akan didatangkan dari Thailand.

Di Indonesia, KTB memasarkan SUV Pajero Sport, yang teknologinya ditu runkan dari sejarah Pajero. Dipro - duksi oleh Mitsubishi Motors Thailand, Pajero Sport merupakan produk uta ma dan strategis dari MMC untuk pasar global, termasuk Indonesia.

Kendaraan ini pertama kali diperkenalkan di pasar Indonesia pada 2009. Selama enam tahun keberadaannya, populasinya kini hampir mencapai 75 ribu unit sehingga menjadi market leaderdi segmen SUV 4 x 4 dengan pangsa pasar lebih dari 50 persen. 

 
Sementara, berdasarkan laman resmi Mitsubishi Motors, MMC mengumumkan desain ulang Pajero Sport mid-sizeSUV di Thailand yang diproduksi oleh Mitsubishi Motors (Thailand) Co Ltd pada 2015. Penjualan dimulai di Thailand dari musim gugur dan MMC berencana memperkenalkan All New Pajero Sport di Aus tralia, negara-negara ASEAN, Timur Te ngah, Afrika, Amerika Latin, dan Rusia. Sama dengan pendahulunya, mo del baru ini akan dijual di 90 negara.
 
All New Pajero Sport merupakan generasi baru mid-sizeSUV yang dikem bangkan dengan konsep \"Gaya dan Nyaman untuk SUV Off-road\". Mobil ini juga dipenuhi dengan fitur-fitur off- roadSUV yang mewarisi me rek Pajero.

New Fortuner Sementara, TAM da lam waktu dekat akan melun - curkan pro duk terbaru di seg men SUV, yakni All New Fortuner.

Kehadiran kenda raan baru ini sebagai komitmen untuk mem bawa pelanggan ke tingkat kepuasan yang lebih tinggi, me lebihi ekspek tasi mereka.

Sebelumnya, TAM mem perkenalkan produk inno vative interna - tional multi-purpose vehicle(IMV), Toyota Hi - lux dan Toyota Kijang Innova.

President Director PT Toyota-Astra Motor Hiro yuki Fukui mengatakan, Fortuner ber sama Kijang Innova dan Hilux meru pakan kendaraan yang dikembangkan dalam satu platform melalui IMV oleh Toyota Motor Cor - poration (TMC). Fortuner diper kenal - kan pertama kali di Tanah Air pada 2005 dan mulai diproduksi di Indo - nesia pada 2006. 

Hingga kini, Fortuner telah hadir meramaikan pasar otomotif SUV. Pada 2014, kendaraan ini membukukan pen jualan 18.916 unit di segmen 4 x 2 SUV High dan 4 x 4 SUV Medium. 

\"Sejalan dengan semangat `Let\'s Go Beyond\', All New Fortuner akan hadir dengan desain baru yang lebih stylish,\"

kata Vice President Director TAM Hen - ry Tanoto. Dengan kehadiran va rian baru VRZ dan SRZ, ia berharap All New Fortuner bisa mendapat respons positif dari masyarakat. Sama halnya seperti pada All New Kijang Innova yang telah diluncurkan pada November dan All New Hilux pada Agustus lalu.

Disebutkan, Fortuner menjadi salah satu tulang punggung ekspor kendaraan utuh Toyota Indonesia.

Fortuner diekspor ke negara-negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah dengan Arab Saudi sebagai tujuan terbesar.

\"Performa ekspor ini membuktikan kualitas global dari produk buatan Indonesia,\" kata Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal Toyota Motor Manufacturing Indonesia I Made Dana Tangkas.

Honda Catat 

PENJUALAN TERTINGGI

KHOIRUL AZWAR 

Pasar otomotif nasional yang meredup pada tahun lalu rupanya nyaris tidak dirasakan oleh PT Honda Prospect Motor. Perusahaan ini justru menutup 2015 dengan mencatat total penjualan sebesar 159.253 unit di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut merupakan penjualan tertinggi sepanjang sejarahnya di Tanah Air.

Marketing

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement