Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Polda Jateng Akui Kekurangan Personel

Ahad 03 Jan 2016 20:43 WIB

Red: Angga Indrawan

Polisi, ilustrasi

Polisi, ilustrasi

Foto: Pandega/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kepolisian Daerah Jawa Tengah mencatat rasio ideal antara jumlah personel polisi dengan penduduk belum bisa terpenuhi. Polda Jateng diklaim kekurangan sekitar 23 ribu personel untuk memenuhi rasio ideal.

"23 ribu lagi untuk ideal," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Tengah Komisaris Besar Liliek Darmanto, Ahad (3/1).

Ia menjelaskan rasio ideal perbandingan antara polisi dengan penduduk berdasarkan perencanaan strategis Kepolisian Republik Indonesia yakni 1:600 Sementara hingga akhir 2015, lanjut dia, jumlah polisi di wilayah Polda Jawa Tengah baru sebanyak 34.503 personel.

Adapun kebutuhan polisi untuk memenuhi rasio ideal tersebut mencapai sekitar 58 ribu orang. "Saat ini perbandingannya masih sekitar 1:1000," katanya.

Rasio tersebut didasarkan atas perhitungan 34 ribu polisi dengan pendudukan Jawa Tengah yang mencapai 34,8 juta jiwa. Menurut dia, terdapat berbagai tantangan dalam upaya untuk mencapai rasio ideal jumlah polisi tersebut.

Salah satunya, kata dia, banyaknya polisi yang akan memasuki pensiun. Meski demikian, lanjut dia, Polri akan berupaya untuk memenuhi rasio ideal polisi tersebut dengan pengadaan personel-personel baru.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA