Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Kota Bandung Perjuangkan Pembukaan PON 2016 di Stadion GBLA

Rabu 30 Dec 2015 21:35 WIB

Red: Israr Itah

Logo PON XIX 2016 Jabar

Logo PON XIX 2016 Jabar

Foto: ANTARA News/Sapto Heru Purnomojoyo

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- KONI Kota Bandung masih memperjuangkan pelaksanaan upacara pembukaan dan penutupan PON XIX/2016 Jawa Barat digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"Stadion GLBA representatif untuk pembukaan dan penutupan PON XIX/2016. Lagipula permasalahan hukumnya sudah memasuki tahap penyelesaian dan hasil penelitian tim ahli stadion itu aman untuk digunakan," kata Ketua KONI Kota Bandung Aan Johana di Bandung, Rabu (30/12).

Sebelumnya Panitia Besar PON XIX/2016 Jawa Barat telah menetapkan pelaksanaan upacara pembukaan dan penutupan dilakukan di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Penetapan itu dilakukan sebelum adanya rekomendasi tim ahli dan sebelum adanya lampu hijau dari penyidik kepolisian terkait kasus hukum pembangunan stadion itu.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung masih berharap agar pelaksanaan pembukaan bisa dilakukan di Stadion GBLA.

"Tetapi kami tidak patah arang, kami akan tetap upayakan agar pembukaan dan penutupan bisa menggunakan GBLA," kata Aan.

Ia mengatakan kronologis yang menguatkan agar GBLA bisa digunakan untuk pembukaan serta penutupan PON adalah karena saat presentasi Jabar mencalonkan tuan rumah PON, GBLA dipresentasikan menjadi arena pembukaan dan penutupan.

Hal lain yang menguatkan adalah permasalahan hukum yang sempat terjadi saat ini dalam tahap penyelesaian.

"Kondisinya sudah dicek oleh tim ahli dan mereka pun sudah menyatakan bahwa kondisi GBLA aman dan tidak menjadi masalah saat dipergunakan," katanya.

Ia menyebutkan Pemkot Bandung telah melakukan pembenahan serta penambahan fasilitas saja seperti akses ke stadion yang saat ini sedang digarap dan penataan lingkungan di sekitar Stadion GBLA.

"Pemkot Bandung dan KONI Kota Bandung akan coba mengusulkan kepada PB PON, agar kembali dipertimbangkan dan ada kebijakan lain mengenai penggunaan Stadion GBLA untuk seremoni pembukaan dan penutupan PON XIX/2016," kata dia..

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA