Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Pemerintah Perlu Lakukan Pemetaan Terhadap Harga Kebutuhan Pokok

Selasa 29 Dec 2015 16:21 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Winda Destiana Putri

sembako

sembako

Foto: Republika/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia Abdullah Mansuri memberikan beberapa saran terkait harga kebutuhan pokok yang semakin meroket.

Kebijakan ini seharusnya segera dilakukan oleh pemerintah di pusat dan daerah.

"Pemerintah seharusnya dapat memastikan dan melakukan pemetaan wilayah produksi pangan nasional," ujar dia dalam keterangan resmi Selasa (29/12).

Menurutnya pemetaan tersebut dibutuhkan agar masyarakat mengetahui kendala dan penyebab terjadinya kenaikan harga pada beberapa berang kebutuhan pokok. Validitas data ini juga dapat digunakan oleh Kementrian Pertanian untuk mengendalikan sektor hulu.

Abdullah mengatakan pemerintah harus memastikan kelancaran distribusi dari petani di daerah produksi pangan hingga ke pasar tradisional. Untuk itu diperlukan kerjasama berbagai lintas kementrian diantaranya Kementrian Pertanian, Kementrian Perhubungan, Kementrian Perdagangan hingga Kepolisian.

IKAPPI juga mengusulkan adanya subsidi distribusi yang dapat menekan lonjakan harga. Karena biaya distribusi mempengaruhi harga barang hingga 21 persen.

Pemangkasan jalur distribusi juga dapat dilakukan untuk mengurangi lonjakan harga. Namun pemerintah perlu duduk bersama memotong rantai distribusi yang dinilai terlalu panjang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA