Senin 28 Dec 2015 10:09 WIB

Alpukat, Lemak Baik yang Menyehatkan Tubuh

Alpukat
Alpukat

REPUBLIKA.CO.ID, Buah berwarna hijau dengan daging kekuningan ini kaya akan manfaat. Selain biasa ditemui di dalam campuran es, Alpukat juga biasa digunakan sebagai produk kecantikan, salah satunya untuk masker wajah.

Selain menyegarkan untuk disantap dan menyehatkan kulit, banyak fakta menarik lain yang terkandung dalam buah ini. Dilansir dalam laman Woman's Health Magazine Senin (28/12) berikut manfaat lain dari alpukat.

Baik untuk kesehatan jantung

Alpukat baik untuk kesehatan jantung karena kaya akan vitamin B dan asam folat yang membantu mengatur kadar homosistein. Homosistein ini yang menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung. Tak hanya itu, dalam daging alpukat juga mengandung banyak vitamin E, glutatin serta lemak tak jenuh yang dapat menjaga jantung tetap sehat.

Lemak baik

Alpukat, menurut para peneliti juga memiliki kandungan lemak cukup banyak. Namun, lemak yang ada pada buah ini merupakan lemak baik dan hanya memiliki jumlah kalori sebesar 50 gram. Jadi tak perlu takut untuk mengonsumsi buah ini, asal jangan ditambah gula ya!

Kaya nutrisi

Alpukat selain kaya akan vitamin A, B, C, E dan zat besi, buah yang berasal dari Meksiko ini juga memiliki lebih dari 20 nutrisi. Zat fosfor yang terkandung di dalamnya juga mampu menjaga tubuh terhindar dari pelbagai macam penyakit.

Sebagai selai

Bila menyajikan alpukat dalam bentuk jus sudah terlalu mainstream, Anda bisa membuat buah ini terlihat enak di atas roti. Tumbuk halus alpukat yang sudah matang, oleskan di atas roti maupun biskuit dan santap sebelum beraktivitas.

Alpukat tumbuh sepanjang tahun

Ini yang lebih spesial dari buah alpukat. Tak seperti jenis buah lain yang hanya ada pada musim tertentu, alpukat justru selalu hadir di sepanjang tahun. Kapanpun Anda ingin menyantapnya, buah ini selalu siap sedia baik di pasar tradisional maupun supermarket.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement