Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Sawah Minapadi, Destinasi Wisata Baru di Sleman

Jumat 25 Dec 2015 13:09 WIB

Rep: C97/ Red: Nur Aini

Petani menanam bibit di sawah. (Ilustrasi)

Petani menanam bibit di sawah. (Ilustrasi)

Foto: Antara/Yusran Uccang

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman mencanangkan wilayah minapadi atau budidaya ikan bersama dengan padi sebagai destinasi wisata baru. Kepala Disbudpar Sleman, AA Ayu Laksmidewi mengatakan, potensi minapadi sebagai lokasi wisata sangat besar.

Sebab budidaya ikan serta padi cukup jarang ditemui, sehingga masyarakat cukup antusias melihat sistem bercocoktanam tersebut. Hal itu ditambah di sekitar wilayah minapadi Seyegan sudah berdiri banyak warung makan ikan. "Potensinya bagus. Banyak orang yang senang lihat ikan, soalnya bikin tenang," tutur Ayu, Jumat (25/12).

Ke depannya Disbudpar akan meminta lahan khusus wisata milik kelompok petani minapadi. Lahan tersebut akan ditata dengan menambahkan gazebo dan beberapa fasilitas wisata lainnya. Ayu berharap dengan dijadikannya minapadi sebagai tempat wisata, masyarakat dapat memperoleh nilai ekonomi yang lebih dari sebelumnya.

"Jadi nanti ibu-ibu di sini juga bisa membuat souvenir untuk dijual. Kita akan mengintegrasikan minapadi dengan potensi wisata lainnya di sekitar sini," ujar Ayu. Ia menilai, potensi minapadi Seyegan menjadi lokasi wisata sangat besar. Sebab wilayah tetsebut tidak sulit untuk dijangkau.

Ketua Kelompok Tani Murakabi Cibuk Kidul, Sigit mmenilai wisata minapadi akan menambah penghasilan bagi masyarakat. Ia juga berharap rencana tersebut bisa segera direalisasikan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA