Jumat 18 Dec 2015 09:36 WIB

Bunda, tak Semua Makanan Bisa Dikonsumsi Bayi

Rep: C32/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bayi tersenyum (Ilustrasi)
Foto: Foxnews
Bayi tersenyum (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua mana yang tak senang ketika melihat putra-putrinya yang masih bayi makan dengan lahap. Meski begitu ada baiknya Anda sebagai orang tua memperhatikan menu makanan yang akan disantap bayi.

Seperti dilansir Boldsky, Rabu (16/12) bayi ternyata tidak bisa mengkonsumsi semua makanan karena tidak sepenuhnya bisa dicerna. Pada dasarnya bayi memang tidak bisa mencerna beberapa makanan tertentu.

Dengan kondisi tersebut, bunda sebaiknya memberikan makanan yang bisa meningkatkan kesehatan bayi. Hal tersebut dilakukan agar meminimalisir dampak buruk yang bisa diderita bayi.

Para ahli menyarankan orangtua untuk menghindari makanan yang tinggi gula dan garam. Makanan dengan kandungan tersebut dapat berdampak buruk karena bisa menghambat fungsi otak bayi atau balita.

Selain itu banyak perhatian yang harus diberikan kepada bayi yang berada di bawah usia satu tahun. Pada masa tersebut bayi sudah bisa memunculkan kebiasaan makanan mereka sehingga orangtua harus ekstra hati-hati.

Bayi di bawah usia satu tahun harus benar-benar bergantung pada ASI karena mengandung makanan lengkap. Makanan padat tidak juga harus diperkenalkan kepada bayi yang berada di bawah usia 6 bulan.

Mentega, kacang-kacangan, putih telur, kulit ikan, dan jeruk menjadi beberapa makanan yang tidak bisa dikonsumsi bayi. Makanan tersebut dapat berisiko terhadap kesehatan pertumbuhan dan alergi kepada bayi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement