Rabu 16 Dec 2015 08:43 WIB

Ingin Sehat, Jangan lakukan Ini Saat Makan!

Perempuan makan (Ilustrasi)
Foto: Sheknows
Perempuan makan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Anda berfikir untuk menyehatkan tubuh pasti dengan mengonsumsi vitamin dan mineral secara teratur. Akan tetapi, ada hal penting lain yang tak kalah menyehatkan lainnya.

Terlihat sepele, namun memiliki pengaruh cukup besar bagi tubuh. Saat Anda makan, terkadang melakukan kebiasaan buruk seperti makan dengan cepat atau makan dalam posisi berdiri. Ini dianggap hal yang dapat mengganggu sistem pencernaan dan berdampak buruk bagi tubuh Anda.

Dilansir dalam laman Our Vanity Rabu (16/12) berikut adalah kebiasaan buruk saat makan yang harus dihentikan.

Makan dengan cepat

Makan dengan cepat atau tidak mengunyah makanan dengan baik, merupakan kebiasaan makan buruk pertama yang harus Anda hindari. Pasalnya, tidak mengunyah makanan secara perlahan membuat sistem pencernaan bekerja lebih berat, ini akan berdampak langsung pada infeksi usus dan saluran pencernaan.

(Baca juga: Waspada! Makanan Sehat yang Berbahaya Bagi Otak)

Makan sambil melakukan pekerjaan

Jangan makan sambil melakukan aktivitas lain seperti mengetik, berbelanja, berjalan, menyetir, memegang gadget atau menonton televisi. Percaya atau tidak, jika melakukan hal itu, Anda cenderung lebih berkonsentrasi mengerjakan pekerjaan tersebut ketimbang makan. Alhasil, Anda akan makan terlalu banyak sehingga menyebabkan obesitas.

Jangan menunggu mood

Stress atau bad mood membuat Anda berfikir melampiaskannya dengan makanan. Ini salah, lampiaskan kekesalan dan kemarahan Anda dengan melakukan aktivitas lain seperti berolahraga, berbelanja atau jalan santai di sore hari seraya menikmati angin segar.

Jangan tidur setelah makan

Ada hal penting yang harus diperhatikan, menurut pakar kesehatan, jarak antara waktu makan dengan tidur adalah tiga jam. Bila Anda tidak melakukan hal ini. akan mengurangi panjangnya durasi dan kualitas tidur. Selain itu, sistem pencernaan juga tidak memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan tersebut.

(Baca juga: Makanan tak Sehat, Penyebab Kematian Dini di Dunia)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement