Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Pemuda Muhammadiyah Ajukan Lima Nama Pimpinan KPK Ideal

Senin 14 Dec 2015 14:14 WIB

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Andi Nur Aminah

Johan Budi, salah satu nama yang direkomendasikan Pemuda Muhammadiyah untuk menjadi calon pimpinan KPK.

Johan Budi, salah satu nama yang direkomendasikan Pemuda Muhammadiyah untuk menjadi calon pimpinan KPK.

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah mengusulkan lima nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemuda Muhammadiyah menilai, lima figur yang diusulkan merupakan sosok ideal untuk memimpin KPK dan mengentaskan praktik korupsi di Indonesia.

Lima orang tersebut yakni mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Agus Raharjo, Pelaksana Tugas Pimpinan KPK Johan Budi, akademisi Laode Muhammad Syarif, mantan Ketua KPK Busyro Muqoddas, dan Direktut Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Sujarnako.

"Pemuda Muhammadiyah telah melakukan penilaian, tracking, dan profiling atas nama-nama calon pimpinan KPK yang telah diseleksi dan diajukan Pansel KPK," kata Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak dalam diskusi bertajuk "Quo Vadis KPK? Masa Depan Pemberantasan Korupsi" di Jakarta, Senin (14/12).

Pemuda Muhammadiyah, Dahnil mengatakan, merasa perlu memberikan sumbangsih penilaian kepada anggota DPR RI khususnya Komisi III. Menurutnya komitmen ini merupakan bagian dari "Gerakan Berjamaah Lawan Korupsi" yang merupakan amanat Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar, Sulawesi Selatan. 

"Pemuda Muhammadiyah berkepentingan terus mengawal jihad lawan korupsi dan memastikan agenda pemberantasan korupsi di Indonesia tidak dilemahkan," ujarnya.

Dahnil menambahkan, lima nama tersebut juga akan diserahkan kepada para ketua umum partai politik. Ini mengingat keputusan Komisi III DPR berkaitan dengan pilihan para pimpinan parpol. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA