Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Masih Muda Sudah Beruban, Ini Penyebabnya...

Jumat 11 Dec 2015 06:43 WIB

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari

Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan uban tumbuh lebih cepat.

Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan uban tumbuh lebih cepat.

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, Memasuki usia 35 tahun hingga 50 tahun ke atas, Anda pasti akan melihat perubahan pada warna rambut, yakni tampak hadirnya uban. Bahkan, ada beberapa di antara mereka yang telah beruban sejak usia 20 tahun.

Dokter transformasi kesehatan di Kaiser Permanente, San Diego, Amerika Serikat (AS), Jeffrey Benabio menjelaskan munculnya uban disebabkan karena sel-sel pigmen yang disebut melanosit pada dasar folikel rambut berhenti membuat pigmen atau warna. “Para ilmuwan tidak yakin apa yang menyebabkan ini. Yang jelas, ketika produksi pigmen hanya sedikit, kita pasti akan memiliki rambut beruban,” katanya, seperti dilansir situs Men’s Fitness, Jumat (11/12).

Menurut Benabio, pada akhirnya, beruban adalah proses yang normal terjadi pada setiap orang. Ia berpendapat bahwa memutihnya rambut seseorang juga disebabkan karena DNA yang telah diwariskan secara turun temurun.

(baca: 7 Manfaat Jus Kentang yang Perlu Anda Ketahui)

Namun,  bila seseorang mengalami rambut beruban terlalu cepat, seperti dalam usia belia, misalnya, mungkin penyebabnya adalah kurangnya asupan vitamin  B12 ke dalam tubuhnya. Hal ini dikatakan oleh David E Bank, direktur di pusat dermatologi, kosmetik, dan bedah laser di AS.

“Kekurangan vitamin B12, masalah tiroid yang tak terobati, dan jenis anemia telah berkorelasi dengan hilangnya pigmentasi,” jelas Bank.

Kendati tak menyukai rambut beruban, Benabio mengatakan belum ada yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini. Hal tersebut juga dinyatakan oleh Bank.

Menurut Bank, saat ini ada beberapa penelitian yang tengah dilakukan untuk mencari solusi menghadapi rambut yang beruban. Ia menilai beberapa jenis terapi gen atau menggunakan sel induk demi menumbuhkan foikel baru yang mengandung pigmen, diharapkan akan menjadi solusi untuk mengatasi rambut beruban pada masa mendatang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA