Kamis 10 Dec 2015 07:10 WIB

Studi: Konsumsi Teh Hijau Berlebihan Hambat Kesuburan

Rep: C32/ Red: Indira Rezkisari
Teh hijau
Foto: flickr
Teh hijau

REPUBLIKA.CO.ID, Teh hijau memang mempunyai efek yang baik bagi tubuh karena bisa menjadi antioksidan. Hanya saja kini kara peneliti menemukan efek lain dari teh hijau yang bisa menghambat kesuburan.

Tim peneliti dari University of California-Irvine melakukan percobaan kepada lalat buah. Mereka menemukan ketika mengkonsumsi teh hijau berlebihan berpengaruh kepada perkembangan dan reproduksi pada populasi lalat buah.

Menurut para peneliti, dengan begitu seseorang harus menghindari mengkonsumsi teh hijau dalam dosis tinggi. Begitupun juga produk alam lainnya yang berperan sebagai nutraceuticals karena semakin populer namun menjadi tidak ada pengaturan yang jelas.

Meskipun begitu, teh hijau memang benar diakui mempunyai dampak positif. "Teh hijau bisa memiliki manfaat kesehatan pada dosis rendah. Studi kami dan lain-lain telah menunjukkan bahwa pada dosis tinggi mungkin memiliki efek samping," kata profesor ilmu farmasi Jafari Mahtab seperti dikutip Times of India, Kamis (10/12).

Dengan adanya penelitian tersebut para peneliti juga menyarankan dosis yang tepat dalam mengkonsumsi teh hijau. Menurut Mahtab teh hijau sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang.

(baca juga: Mata Minus Buat Bumil tak Bisa Lahirkan Normal, Mitos Atau Fakta?)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement