Kamis 10 Dec 2015 01:05 WIB

Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Flat Shoes

Flat shoes
Foto: style.com
Flat shoes

REPUBLIKA.CO.ID, Anda selalu beranggapan bahwa jenis sepatu dengan hak tinggi memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Anda juga selalu menganggap dengan flat shoes kaki akan baik-baik saja dan terhindar dari nyeri sendi.

Anggapan tersebut ternyata salah. Flat shoes atau sepatu dengan alas yang tipis juga berdampak buruk bagi tubuh. Dilansir dari laman Genius Beauty, Kamis (10/12) seorang ahli ortopedi (ahli bedah tulang belakang) mengatakan bahwa sering mengatakan alas sepatu yang tipis berbahaya bagi kesehatan.

Pasalnya pada saat menggunakan sepatu flat, otot di kaki, pembuluh darah dan sendi di bagian kaki menanggung beban tiga kali lipat lebih banyak. Ini yang menyebabkan kaki mudah merasa kram, nyeri, sakit punggung hingga linu pada lutut.

Bukan hanya itu saja, flat shoes juga dapat menyebabkan nyeri tumit, kaki pecah-pecah, nyeri pinggul, bahkan keretakan pada tulang telapak kaki. Hal ini dikarenakan flat shoes tidak memiliki bantalan empuk yang dapat menahan kaki saat berjalan.

Para ahli menyarankan untuk menambahkan bantalan kaki setinggi 2-3 sentimeter saat menggunakan sepatu jenis ini. Tujuannya untuk memberi kenyamanan pada lengkungan telapak kaku sehingga mengurangi tekanan pada daerah sensitif pada kaki.

Lebih baik lagi bila Anda mengoleskan pelembab atau krim khusus kaki untuk menghindari pecah pada kulit di bagian tumit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement