Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Kemilau Emas untuk Investasi Keluarga

Sabtu 05 Dec 2015 06:05 WIB

Red: M Akbar

kemilau emas - ilustrasi

Foto:

Dahulu emas dijadikan alat pembayaran tetapi karena emas telah digantikan posisinya oleh uang kartal (kertas dan koin) maka emas sekarang dijadikan sebagai cadangan dan patokan berapa uang kartal yang harus dicetak oleh suatu negara.

Walaupun demikian emas tetap berfungsi sebagai alat tukar misalnya seseorang dapat membawa emasnya untuk dimasukan ke dalam tabungan yang dalam bentuk mata uang. Juga emas dapat dijadikan sebagai barang jaminan di bank syariah yang mengikuti prinsip gadai syariah (Rahn), lihat Fatwa DSN-MUI No. 26/DSN-MUI/III/2002. Dengan kata lain, emas banyak digunakan sebagai barang investasi baik dalam bentuk seperangkat perhiasan, batangan, kepingan dengan ukuran dan berat tertentu serta dalam bentuk koin yang disebut dinar.

Dalam sejarah, investasi emas sudah dibuktikan hasilnya, yaitu ketika setelah kemerdekaan RI, rakyat Aceh berbondong-bondong menyumbangkan emasnya untuk membeli pesawat RI pertama yang dijuluki dengan Dakota RI-001 Seulawah seharga M$120.000 dari hasil penjualan 20 kg emas yang sekarang seharga 10 milyar (Seulawah sendiri berarti “Gunung Emas”).

Harga emas cenderung naik secara perlahan dalam jangka panjang, namun dalam jangka menengah akan mengalami naik turun. Misalnya menjelang lebaran harga emas kemungkinan akan naik karena banyak yang akan membeli emas sebagai perhiasan saat lebaran.

Namun ketika tahun ajaran sekolah dimulai atau saat krisis ekonomi dimana angka pengangguran tinggi, banyak yang menjual emasnya sehingga harga emas sedikit turun. Selain itu, harga emas juga sangat akan tergantung dengan kekuatan dolar Amerika sebagai mata uang dunia, siasat politik, harga minyak dunia serta faktor lainnya.

Pembeli yang cerdik akan membeli ketika harga emas sedang murah dan menjualnya ketika harga sedang naik. Namun sebaiknya tidak berspekulasi karena tujuan investasi adalah untuk membantu kesulitan yang mungkin terjadi di masa depan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA