Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Kemilau Emas untuk Investasi Keluarga

Sabtu 05 Dec 2015 06:05 WIB

Red: M Akbar

kemilau emas - ilustrasi

Foto:

Dalam sejarah panjang umat manusia, diceritakan bahwa emas sudah mulai dikenal manusia sejak 40.000 sebelum masehi, yaitu zaman manusia Paleolitic. Sejarah juga menunjukan bahwa sejak ribuan tahun sebelum masehi emas sudah dijadikan perhiasan dan alat tukar dalam banyak peradaban kuno.

Sehingga pada zaman permulaan Islam, emas sudah menjadi bagian dari masyarakat dunia, dan dalam Islam emas menjadi bagian dari dual currency yang disebut dengan dinar dan dirham. Dinar dalam bentuk emas, dan dirham dalam bentuk perak. Hal ini banyak disebut-sebut dalam hadits dimana ketika Rasulullah SAW mendengarkan suatu pertanyaan atau memutuskan suatu perkara.

Misalnya: Dari Abu Hurairah Radhiyallâhu ‘Anhu. berkata, Rasulullah SAW bersabda: “dinar (harta) yang kamu belanjakan di jalan Allah dan dinar (harta) yang kamu berikan kepada seorang budak wanita, dan dinar yang kamu sedekahkan kepada orang miskin serta dinar yang kamu nafkahkan kepada keluargamu. Maka yang paling besar ganjaran pahalanya adalah yang kamu nafkahkan kepada keluargamu” (HR Shahih Muslim 1661).

Beberapa keunggulan emas
Ternyata emas mempunyai beberapa keunggulan yaitu dapat mengukur nilai aset lainnya, kualitasnya yang unik yang berguna dalam bidang keilmuan, tidak dapat dimusnahkan, ringan dibawa, mudah dibentuk, serta mudah dikenal dengan warnanya yang bersinar.

Dengan keunggulan ini maka emas memiliki nilai lebih tinggi dari logam lainnya dan kerap dijadikan simbol kejayaan dan kebanggaan. Misalnya berita baru-baru ini yang mengabarkan bahwa Indonesia kembali meraih Medali Emas Kejuaraan Karate Dunia.

Ketika Ratu Elizabeth II dinobatkan menjadi Ratu Inggris pada tahun 1953, kilo emas dalam bentuk mantel, perhiasan dan mahkota dipakaikan. Dengan keunggulan dan simbol inilah maka emas menjadi barang yang direbutkan serta sering dipalsukan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA