Rabu 02 Dec 2015 14:02 WIB

Bentuk Postur Tubuh Bisa Prediksi Kemungkinan Sakit Punggung

Rep: C01/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Struktur punggung berpengaruh kepada kemungkinan sakit punggung di masa mendatang
Foto: Dailymail.co.uk
Struktur punggung berpengaruh kepada kemungkinan sakit punggung di masa mendatang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Postur tubuh dapat mengidentifikasi apakah seseorang nantinya akan menderita sakit punggung di masa mendatang. Mengubah postur tubuh yang salah sejak dini dapat membantu terhindar dari risiko sakit punggung kelak.

Asosiasi Chiropractic Inggris mengatakan ada lima tipe postur tubuh yang diteliti dalam survei yang melibatkan 1.200 wanita. Kelima postur tersebut ialah spoon (punggung datar akan tetapi bahu membengkok), leaning tower (tubuh cenderung membungkuk ke depan), bridge (punggung terlalu melengkung), flat pack (punggung datar) dan postur normal.

Dari survei tersebut, Asosiasi Chiropractic Inggris menemukan bahwa orang dengan postur tubuh leaning tower memiliki risiko lebih besar menderita sakit punggung di masa depan. Survei tersebut menunjukkan bahwa enam dari 10 wanita dengan postur tubuh ini sudah merasakan sakit punggung, sedangkan tiga dari 10 wanita lainnya sudah mulai merasakan denyutan sakit pada punggung setiap harinya.

Postur tubuh lain yang memiliki risiko terbesar kedua untuk menderita sakit punggung ialah postur bridge. Sedangkan posisi risiko terbesar ketiga dipegang oleh mereka yang memiliki postur tubuh spoon, atau berpunggung datar dengan bahu melengkung menyerupai sendok.

Dari kelima postur tubuh, postur datar flat pack memiliki risiko paling kecil terserang sakit punggung. Pasalnya, banyak dari wanita pemilik postur ini yang mengatakan tidak pernah merasakan sakit pada punggung atau leher.

Survei yang dilakukan Asosiasi Chiropractic Inggris juga menemukan bahwa seperempat dari wanita yang mengikuti survei merasakan sakit dipunggung dalam jangka waktu satu hingga empat hari. Rata-rata, para wanita mulai merasa sakit pada punggung di usia 34 tahun.

Ahli Chiropractic tersertifikasi sekaligus anggota Asosiasi Chiropractic Inggris, Tim Hutchful, mengatakan penting bagi wanita untuk mulai memperbaiki postur tubuhnya. Salah satu cara memperbaiki postur tubuh ialah dengan menjaga posisi kepala dan pergelangan kaki sama pada satu garis lurus.

"Postur tubuh yang tepat akan membuat tampilan Anda dari samping, yaitu kuping, pundak, pinggul, lutut dan pergelangan kaki berada pada garis sejajar," ungkap Hutchful.

Selain itu, perbaikan postur tubuh juga dapat dilakukan dengan cara berdiri dengan rileks. Setelah itu, mulai menggerakkan otot perut dengan perlahan hingga membentuk postur tubuh yang normal.

"Perhatikan bagaimana postur tubuh Anda terlihat dari samping. Ini akan sangat membantu untuk mengidentifikasi adanya potensi sakit punggung atau leher di masa depan," jelas Hutchful.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement