Senin 30 Nov 2015 23:57 WIB

‎Mufidah Kalla: Deteksi Dini Kanker Serviks

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Esthi Maharani
 vaksin kanker serviks
Foto: EPA / MICK TSIKAS
vaksin kanker serviks

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pembina Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja Mufidah Jusuf Kalla mengatakan peran wanita sering kali dituntut untuk mampu memiliki dua fungsi, yaitu fungsi sosial dan fungsi ekonomi.

Di satu sisi, mereka dituntut harus menjalankan fungsi sosial sebagai ibu rumah tangga. Di pihak lain wanita terkadang dituntut juga untuk mampu menjalankan fungsi ekonomi membantu memenuhi kebutuhan  keluarga.

"Karena itu wanita, khususnya mereka yang bekerja perlu didukung agar tetap sehat dan dapat tetap menjalankan perannya secara optimal," ujar Mufidah dalam siaran pers, Senin (30/11).

Sebagai bentuk aksi solidaritas pada tenaga kerja wanita, OASE dan Kementerian Ketenagakerjaan menyelenggarakan program aksi kepada tenaga kerja perempuan, dalam rangka meningkatkan kesehatan dan upaya pencegahan serta deteksi dini kanker leher rahim (serviks).

OASE mendorong dilaksanakannya upaya pencegahan dan deteksi dini kanker serviks pada wanita Indonesia dimulai 2015 sampai dengan 2019.

Hari ini merupakan salah satu peristiwa penting dari rangkaian program nasional dalam pencegahan kanker pada wanita. Mereka mengadakan pemeriksaan IVA test. Mufidah menyebut program ini telah dicanangkan sebagai program nasional yang ditujukan untuk mengurangi angka kematian pada wanita akibat kanker, serta dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan yang tinggi melalui pelaksanaan hidup sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement