Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Aturan 20 Pangkat 3 Jaga Kesehatan Mata Depan Komputer

Senin 30 Nov 2015 08:57 WIB

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari

Agar mata tidak mudah lelah, palingkan mata dari depan komputer setelah 20 menit berada di depannya.

Agar mata tidak mudah lelah, palingkan mata dari depan komputer setelah 20 menit berada di depannya.

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi Anda yang mengalami computer virus syndrome (CVS) atau keadaan ketika mata merasa perih atau buram setelah berhadapan dengan layar komputer, dokter spesialis mata Ferdiriva Hamzah memberikan tips agar hal itu tak terjadi.

Yakni dengan melakukan peraturan dua puluh pangkat tiga. Peraturan tersebut, menurutnya, mampu menghindarkan seseorang dari CVS.

"Jadi kalau telah berhadapan dengan layar komputer selama 20 menit, kita harus istirahat 20 detik, dan memandang sejauh 20 kaki atau enam meter," jelasnya ketika menghadiri acara pembukaan Klinik Utama Jakarta Eye Center di Cibubur, Sabtu (28/11).

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan oleh orang-orang seperti mahasiswa atau karyawan perusahaan yang kerap menghabiskan waktu cukup lama di depan layar komputer. "Selain agar tak terserang CVS, hal itu juga bisa membantu mata agar tetap sehat," ujar Ferdiriva.

(baca: 4 Obat Alami Sembuhkan Sakit Telinga)

Selain itu, untuk menghindari CVS, lanjutnya, seseorang juga dapat menggunakan obat tetes pelembab mata sebelum melakukan aktivitas di depan layar komputer. Hal itu dilakukan agar mata tidak akan merasa perih atau terasa terbakar.

Karena menurutnya, ketika seseorang berhadapan dengan layar komputer, mereka cenderung lupa untuk berkedip. Padahal, dalam satu menit, agar mata tetap lembab, seseorang harus berkedip minimal 17 kali.

"Tapi kalau depan layar, biasanya orang hanya berkedip sebanyak tujuh kali. Hal itu membuat kelembaban mata berkurang dan akhirnya menimbulkan rasa perih atau seperti terbakar," jelas Ferdiriva.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA