Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Rumah di Iklim Tropis Perlukan Sirkulasi Udara dan Penataan Cahaya

Jumat 27 Nov 2015 16:00 WIB

Rep: C07/ Red: Winda Destiana Putri

Pabrik PT Holcim Indonesia (ilustrasi).

Pabrik PT Holcim Indonesia (ilustrasi).

Foto: hukumonline.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Desain interior rumah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan merupakan aspek penting untuk kenyamanan dan mempengaruhi kualitas kehidupan penghuni rumah selain tentunya struktur bangunan yang kokoh.

"Sirkulasi udara dan penataan cahaya yang baik serta kehadiran ruang terbuka hijau adalah aspek yang perlu diperhatikan," ujar Arsitek dari Studio Arsitektropis, Christianto Jong dalan acara Holcim Home Story, Membangun Bersama di Gandaria City, Jumat (27/11).

Menurut Jong, ketiga aspek tersebut  merupakan keharusan saat membangun rumah di wilayah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Selain itu, penataan ruang dan pemilihan interior yang tepat juga dapat menjadikan hunian sehat, nyaman serta menciptakan mood yang baik bagi penghuni di dalamnya.

Saat ini, sambung dia, kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal semakin bertambah seiring dengan pertumbuhan populasi di negara berkembang seperti di Indonesia yang memiliki kota-kota besar sebagai pusat perekonomian.

Konsep yang ditawarkan pun beragam, mulai dari yang ramah lingkungan hingga memiliki ventilasi serta sirkulasi udara yang layak. Meskipun, tidak sedikit pula bangunan yang mulai melupakan kebutuhan akan area terbuka hijau sebagai fungsi arsitektural yang dapat meningkatkan keindahan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA