Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Kaya Vitamin Jadi Alasan Kulit Pisang Baik Dimakan

Jumat 27 Nov 2015 12:13 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Kulit pisang

Kulit pisang

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, Selama ini memakan buah pisang berarti mengupas dulu kulitnya, baru makan buahnya. Dan kulitnya pun dibuang. Tapi fakta menyebutkan ternyata kulit pisang ini bisa dimakan. Bahkan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Penasaran?

Laman Foodandwine menjelaskan awalnya kita berpikir kulit pisang ini baik untuk dua hal yaitu melindungi pisang dan disajikan sebagai lucu-lucuan untuk membuat orang terpeleset. Anggapan itu terus berlanjut sampai kita mendengar bahwa kulit pisang tidak hanya aman untuk dimakan tapi juga justru dianjurkan.

Mengapa kulit pisang dianjurkan?

Kulit pisang memiliki kandungan gizi yang tinggi karena bisa menambah kadar kalium yang bisa membantu menyeimbangkan elektrolit dan pertumbuhan sel. Kulit pisang juga nerupakan sumber magnesium yang baik yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan kekebalan tubuh yang kuat. Selain itu, kulit pisang juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan usus. Dilengkapi pula dengan vitamin B12 dan B6 yang baik untuk metabolismen dan kekuatan sel.

Bagaimana rasanya?

Tergantung pada seberapa matang kulit pisang. Kulit pisang yang belum matang kulitnya tebal, berserat dan pahit. Sedangkan kulit pisang yang matang, kulitnya tipis dan lebih manis, membuat kulit pisang layak untuk dikonsumsi.

OK, lalu bagaimana makannya?

Pertama, pastikan Anda membeli pisang organik, karena kulit pisang ini tidak kena pestisida. Lalu Anda bisa mencamputnya menjadi smoothie atau buat teh pisang yang ternyata bisa membantu Anda tidur karena mengandung tryptophan.

Apa Anda yakin orang mau melakukan itu?

Tentu saja.Ternyata banyak dunia (terutama budaya Asia dan India) telah makan kulit pisang selama bertahun-tahun. Meskipun saat ini tidak diperlukan bahwa Anda membuat kue menggunakan bahan dari seluruh pisang, kulit adalah sumber tambahan vitamin dan nutrisi yang baik.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA