Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Wagub Bali Usulkan Honor Guru Honorer Ditingkatkan

Kamis 26 Nov 2015 02:41 WIB

Red: Hazliansyah

Seorang guru honorer melakukan proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Bandung III Jombang, Jawa Timur, Selasa (24/11).

Seorang guru honorer melakukan proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Bandung III Jombang, Jawa Timur, Selasa (24/11).

Foto: ANTARA FOTO/Syaiful Arif

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mewacanakan untuk meningkatkan besaran honor bagi para guru honorer di Pulau Dewata karena selama ini dipandang masih jauh dari standar.

"Memang harus diperhatikan guru-guru itu, masak gajinya Rp 200-300 ribu 'kan kasihan. Padahal mereka berjuang untuk memajukan pendidikan," kata Sudikerta di sela-sela peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-70 PGRI di Denpasar, Rabu.

Oleh karena itu, dia meminta kepada jajaran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bali agar menyampaikan usulan tersebut kepada Gubernur Bali Made Mangku Pastika supaya bisa dialokasikan dana.

"Mudah-mudahan bisa diakomodasi kalau kemampuan daerah mencukupi. Yang jelas, paling tidak mereka (guru honorer) dapat perhatian, meskipun nanti tidak bisa dibantu 100 persen," ucapnya.

Menurut Sudikerta, jika dari regulasi dan kemampuan daerah tidak ada persoalan, maka peningkatan honor bagi guru honorer itu dapat dialokasikan mulai 2017 karena untuk APBD Bali 2016 sudah ditetapkan.

Di sisi lain, dia menekankan pentingnya penatakelolaan guru dan infrastruktur karena masih banyak guru yang "numplek" di satu sekolah tetapi di sekolah lain justru kekurangan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA