Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Puluhan Blogger Ikut Sosialisasikan Empat Pilar

Selasa 24 Nov 2015 15:22 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri

Kepala Biro Humas Setjen MPR, Maruf Cahyono

Kepala Biro Humas Setjen MPR, Maruf Cahyono

Foto: Dok: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Dalam rapat pleno Netizen Gathering 4 Pilar MPR, Ahad (22/11) lalu, di Surakarta, Jawa Tengah terjadi diskusi yang sangat dinamis, dimana puluhan blogger yang dibagi dalam dua grup itu mempresentasikan bagaimana mereka mencari format untuk ikut mensosialisasikan Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, kepada masyarakat.

Kelompok I, mempresentasikan bagaimana mereka sepakat untuk ikut mensosialisasikan Empat Pilar. Sebab, hal ini merupakan juga bela negara. Untuk itu mereka akan membuat blog yang berisi masalah-masalah mengenai Empat Pilar MPR.

Sedangkan Kelompok II, bertugas memetakan soal pengguna teknologi IT di Indonesia. Pengguna IT di Indonesia disebut-sebut mencapai 72 juta orang. Hal tersebut merupakan hal yang potensi untuk digarap, tinggal mana segmen yang akan dipilih.

Menanggapi diskusi tersebut, Kepala Biro Humas MPR, Maruf Cahyono, memberi apresiasi kepada para blogger tersebut. Dikatakannya, kegiatan yang dilakukan selama ini syarat dengan kegiatan dan diskusi.

"Ini merupakan cara kita untuk berpikir positif sebagai anak bangsa," kata dia.

Ia mengakui, diskusi yang dilakukan sangat dinamis dan apa yang dihasilkan merupakan kerja sama semua. Terhadap semua masukan yang diberikan pada MPR akan segera ditelaah.

Ia berharap, ke depan, baik dengan bentuk formal dan atau Non-formal, para blogger tetap ikut mensosialisasikan Empat Pilar kepada Masyarakat, dengan Gerakan 'Ini Baru Indonesia'.

Dari diskusi yang ada, Maruf meminta agar mereka mensosialisasikan Empat Pilar sesuai dengan fokus masing-masing.

''Misalnya bagaimana yang fokus soal anak muda bisa menulis bagaimana anak muda tidak melakukan tawuran,'' jelas dia.

Demikian pula apa yang dibutuhkan seorang petani. Maka harus ada blogger yang mampu memberi solusi masalah pertanian. Apa yang dilakukan blogger itu menurut Maruf, merupakan bahan-bahan untuk MPR dalam mencari metode baru dalam sosialisasi.

Kepada para blogger, Maruf berikhtiar, akan memberi mereka training of trainer (TOT) Empat Pilar karena acara tersebut tak akan berhenti sampai disitu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler