Kamis 19 Nov 2015 00:08 WIB

Penting! Perhatikan Postur Tubuh Ketika Berjalan Kaki

Rep: C32/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pejalan kaki melintiasi trotoar di pinggir jalan Ibukota Jakarta (ilustrasi).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Pejalan kaki melintiasi trotoar di pinggir jalan Ibukota Jakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berjalan kaki merupakan suatu aktivitas yang menyehatkan. Beberapa orang memilih melakukan aktivitas tersebut entah untuk sekedar berolahraga atau memang bagian dari aktivitasnya namun ada yang sering tidak diperhatikan oleh pejalan kaki terutama posturnya.

"Banyak pejalan kali yang terluka atau sakit karena tidak berjalan tegak," kata pelatih jalan cepat Bonnie Stein dari Redington Shores, FL seperti dikutip Prevention Selasa (17/11).

Ia menjelaskan ada dua masalah postur tubuh yang selalu salah dilakukan seseorang. Menurut Stein masalah tersebut meliputi berjalan bungkuk atau sebaliknya.

Postur tubuh yang salah tersebut bisa mengarah kepada cedera kaki. Hal tersebut dikarenakan bentuk postur yang tidak seimbang saat berjalan dan membuat nyeri pada kaki.

Untuk nengatasinya, Stein menyarankan ketika berjalan jangan melihat ke atas atau ke bawah terlalu sering sehingga postur badan bisa tegap lurus. Pastikan juga bahu dalam keadaan santai dan tidak ada tekanan terhadap perut.

Selain itu, Stein menjelaskan ambil nafas dengan kuat dan hembuskan selama lima menit sekali. Periksa juga bagaimana keseimbangan ketika berjalan. Misal ketika berjalan periksalah bagian pergelangan jaki, lutut, pinggul, dan bahu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement