Kamis 19 Nov 2015 00:02 WIB

Jangan Pernah Diet Sembarangan, Ini Akibatnya

diet
diet

REPUBLIKA.CO.ID, Diet merupakan hal yang tidak boleh dilakukan sembarang atau asal-asalan. Pasalnya, hal ini berhubungan langsung dengan kesehatan dan metabolisme tubuh.

Diet sehat dan tepat biasanya harus dipantau oleh dokter atau ahli gizi masing-masing. Bila Anda tidak mengindahkan aturan tersebut, siap-siap terjangkit beberapa penyakit seperti dilansir dari laman IndiaTimes Kamis (19/11).

Asam lambung naik

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Pavlov dari Rusia, kadar asam dalam perut manusia biasanya akan melonjak naik bila melewati jam makan biasanya. Jika hal ini terus menerus terjadi berulang kali, produksi asam tanpa makanan akan membakar lapisan perut, ini yang disebut sebagai penyakit maag.

Makan berlebih

Masalah lain yang akan dihadapi ketika melewati jam makan normal, Anda akan makan secara belebihan begitu perut mulai terasa perih.

(Baca juga: 3 Cara Diet Praktis dan Menyehatkan)

Diabetes

Tubuh akan terasa lemas saat Anda melewatkan jam makan normal. Untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut, Anda akan cenderung memilih makanan manis. Perlu diketahui, banyak mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi dapat menyebabkan diabetes. Terlebih jika perut dalam keadaan kosong dan Anda langsung mengisinya dengan makanan manis.

Stres

Stres akan muncul saat Anda berada dalam tekanan. Stres menyebabkan perut sakit, kepala pusing, badan kaku atau gemetar, jantuk berdetak cepat, dan tekanan darah meninggi. Hal ini juga akan Anda rasakan bila melewati jam makan normal.

(Baca juga: Sebelum Menikah, Pengantin Perempuan Jangan Diet!)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement