Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Walah, Makan dan Minum dari Kemasan Plastik Ternyata Merusak Sperma

Rabu 18 Nov 2015 15:07 WIB

Rep: C23/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Minuman dari wadah plastik

Minuman dari wadah plastik

Foto: boldsky.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tingkat ketidaksuburan atau infertilitas seseorang, baik pria maupun wanita, dapat disebankan berbagai faktor. Gaya hidup yang salah, junk food, kurang berolahraga, dan stres adalah beberapa penyebab di antaranya.

Khusus untuk pria, asupan nutrisi, seperti selenium, asam folat, dan antioksida, penting untuk menjaga kualitas sperma. Sedangkan rokok dan alkohol menyebabkan hal sebaliknya.

(Baca: Sstt... Ini 5 Faktor yang Dapat Tingkatkan Kualitas Sperma)

Dikutip dari Boldsky.com, selain rokok dan alkohol ternyata kemasan plastik makanan dan minuman dapat merusak kualitas sperma. Karena kandungan dalam plastik tersebut menempel pada makanan dan minuman, lalu ikut masuk ke dalam tubuh, kemudian menurunkan kualitas sperma.

Oleh karena itu, Anda para pria disarankan mngonsumsi makanan yang banyak mengandung omega 3. Ikan tuna dan salmon adalah makanan yanh banyak mengandung Omega 3. Zat ini juga dapat meningkatkan kualitas sperma.

Kemudian, minum secangkir kopi dapat membantu meningkatkan peredaran serta kualitas sperma Anda. Tapi jangan terlalu banyak, cukup satu atau dua cangkir per hari.

Satu hal yang paling penting adalah olahraga rutin. Olahraga dapat memperlancar aliran darah menuju penis. Hal ini menghasilkan pasokan oksigen dan nutrisi untuk sperma. Anda cukup berolahraga 45 menit per hari. Lakukan lima kali dalan sepekan.

Terakhir, Anda harus benar-benar mengurangi bahkan menghindari stres. Stres dapat mengurangi produksi testosteron. Akibatnya produksi dan kualitas sperma menjadi menurun.

Baca Juga:

Tak Hanya Enak, Alpukat Juga Punya Manfaat Beragam untuk Kecantikan

Mom, 4 Menu Sarapan Ini Bisa Tingkatkan Kecerdasan Anak

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA