Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Manfaat Lendir yang Perlu Anda Ketahui

Senin 16 Nov 2015 13:31 WIB

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari

Pria sedang flu

Untuk membantu mendongkrak daya tahan tubuh vaksin flu bisa diberikan.

Foto:

Kedua, setiap hari, selama sepekan, lendir juga melindungi tubuh dari serangan penyakit. Karena fungsi paling penting dari lendir, kata Katharina, adalah membersihkan segala bentuk bakteri dan debu, dari saluran pernapasan. Sehingga bakteri tidak menggantung cukup lama dan menimbulkan infeksi.

Selain itu, Purvi Parikh mengatakan lendir dapat memberitahu seseorang bahwa dirinya sakit, sebelum dia menyadarinya. "Peningkatan volume (lendir), perubahan warna, atau konsistensi lebih tebal adalah tanda-tanda Anda mungkin memiliki infeksi atau beberapa perubahan dalam kesehatan Anda," kata Parikh.

Bila lendir berwarna putih, tanda kondisi tubuh dalam keadaan normal. Tapi bila berwarna hijau atau kecoklatan, kata Parikh, artinya tubuh tengah terinfeksi.

Namun, Ribbeck mengungkapkan lendir berwarna hijau tidak selalu menunjukkan bahwa seseorang terserang flu. "Bila Anda memiliki infeksi, tubuh Anda memproduksi sel darah putih, yang mengandung enzim,  yang menyebabkan ingus Anda menjadi berubah warna," katanya.

Perubahan warna lendir, menurut Parikh, juga bisa terjadi karena hal lain, seperti alergi. Flu disertai alergi biasanya akan lebih kronis.

Bila Anda mengalami demam, batuk, hidung tersumbat, dan sakit kepala, sebaiknya Anda langsung memeriksanya ke dokter. Hal itu dilakukan agar Anda segera mengetahui penyakit apa yang menyerang. Apakah hanya flu atau juga disertai alergi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA