Rabu 11 Nov 2015 09:51 WIB

Guru dan Dosen Harus Selalu Meningkatkan Kualitasnya

Red: M Akbar
misbah berpose dengan Wakil Asisten Atase Pendidikan dan Kebudayaan di keduataan Besar RI di Washington DC
Foto: istimewa
misbah berpose dengan Wakil Asisten Atase Pendidikan dan Kebudayaan di keduataan Besar RI di Washington DC

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Dr. Misbah Fikrianto (Dosen PoliMedia dan Pembina Yayasan Al Iman)

Proses pendidikan harus dilakukan secara utuh. Dalam melaksanakan proses pendidikan guru sangat memegang peranan penting sehingga harus dilakukan peningkatan kualitas guru secara komprehensif.

Guru harus sadar dan selalu meningkatkan kompetensinya. Harapannya, upaya itu bisa menjadikan peserta didik memiliki kualitas yang baik. H.Evi Sinaro, ketua Yayasan Al iman mengatakan komitmen dan dukungan Yayasan Al Iman dalam menjalankan proses pendidikan terus dilakukan, diantaranya pelatihan guru, workshop, dan lainnya.

Hal tersebut disampaikan dalam diskusi rutin Yayasan Al Iman di Jakarta akhir minggu lalu. Efrini dari tim pengembang Yayasan Al Iman mengatakan peningkatan karier dan jenjang kepangkatan guru sangat membutuhkan upaya yang holistik. Diantaranya dengan model presentasi ilmiah baik nasional dan Internasional.

'I'ni sesuai dengan Peraturan Menpan Nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya. Kondisi tersebut menjadi kebutuhan sekaligus tantangan untuk Guru di indonesia,'' katanya.

Secara terpisah, Dr. Misbah Fikrianto, Dosen PoliMedia dan Pembina Yayasan Al Iman, mengatakan di Amerika sangat terbuka peluang untuk meningkatkan kerjasama pendidikan. ''Kerjasama itu bisa dilakukan secarn formal maupun non formal,'' katanya.

Misbah menyampaikan hal itu setelah berdiskusi dengan Wakil Asisten Atase Pendidikan dan Kebudayaan di keduataan Besar RI di Washington DC. Asisten Atikbud, Ngadirin mengatakan Lembaga Pendidikan di Amerika sangat besar peluangnya untuk kerjasama dengan lembaga pendidikan di indonesia.

Ngadirin menambahkan guru, dosen, dan mahasiswa Indonesia yang belajar di Amerika banyak yang memperoleh prestasi. Alangkah baiknya guru-guru di Indonesia meningkatkan kualitas publikasi dan presentasi Internasional di negara maju.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement