Senin 09 Nov 2015 13:25 WIB

Beragam Manfaat Mengonsumsi Sebatang Dark Chocolate

Rep: C39/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Dark Chocolate (Ilustrasi)
Foto:
Dark chocolate yang minimal mengandung 60 persen cokelat bisa membantu mengurangi tekanan darah.

Mengurangi stres

Saat Anda mendapat masalah di tempat kerja atau bertengkar dengan pasangan Anda, mungkin Anda akan mengalami stres. Nah, mungkin Anda bisa mengatasinya dengan memakan cokelat hitam ini.

Berdasarkan banyak penelitian dikatakan bahwa makanan ini dapat meningkatkan hormon endorphin dan serotonin. Jika hormon tersebut meningkat maka akan membuat suasana hati orang berubah menjadi senang.

Dengan memakan cokelat hitam selama dua minggu secara rutin akan membuat kortisol atau hormon stres menurun, sehingga stres Anda berkurang.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Cokelat hitam telah ditemukan sebagai pelindung dari kolesterol jahat (LDL) yang teroksidasi dengan bantuan antioksidan yang ada di dalamnya. Cokelat hitam mampu melindungi pembuluh nadi atau arteri dari penyumbatan kolesterol jahat yang dinyatakan bisa mengakibatkan penyakit jantung.

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi cokelat hitam sebanyak lima kali dalam seminggu maka bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung lebih dari 50 persen.

Mencegah penyakit stroke

Beberapa studi baru telah menunjukkan bahwa coklat hitam dapat menyembuhkan penyakit arteri koroner atau yang dikenal juga sebagai penyakit jantung arteriosklerosis. Penyakit ini dapat menyebabkan pembentukan gumpalan darah yang dapat menyebabkan stroke.

Namun, jika Anda memasukkan beberapa cokelat hitam dalam diet, maka akan dapat mengurangi risiko menderita penyakit  stroke pada masa tua Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement