Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

Beragam Manfaat Mengonsumsi Sebatang Dark Chocolate

Senin 09 Nov 2015 13:25 WIB

Rep: C39/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Dark Chocolate (Ilustrasi)

Dark Chocolate (Ilustrasi)

Foto: HARMONYHEALTH.COM

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kabar baik bagi para pecinnta cokelat karena saat ini cokelat hitam (dark chocolate) dapat membuat jantung Anda sehat. Cokelat hitam memang dikenal sebagai makanan enak yang bergizi, sehingga memiliki efek positif bagi orang yang mengonsumsinya.

Untuk merasakan manfaatnya, Anda harus mengonsumsi cokelat hitam secara langsung. Dengan catatan, tidak terdapat gula di dalamnya. Cokelat hitam sangat kaya dengan mineral, seperti magnesium, besi, tembaga, kalium, seng, dan banyak lagi kandungan lainnya.

Seperti dilansir dari Boldsky, berikut ini beberapa manfaat cokelat hitam yang bisa menyehatkan jantung Anda.

Menurunkan tekanan darah

Cokelat hitam telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah di dalam tubuh Anda. Hal ini terjadi karena terdapat flavanol di dalamnya yang merangsang arteri untuk memproduksi Nitric Oxide.

Mengurangi kolesterol

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa cokelat hitam juga dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL) yang teroksidasi pada pria dan juga telah terbukti dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Tingkat tinggi LDL yang teroksidasi dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh. Tapi, dengan mengonsumsi cokelat hitam yang mengandung sangat banyak antioksidan kuat maka akan menghentikan serangan kolesterol jahat tersebut.

Mencegah resistensi insulin

Cokelat hitam juga dapat membantu untuk mengurangi resistensi tubuh terhadap insulin. Jika Anda mengonsumsi cokelat hitam secara rutin maka dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga mengurangi risiko penyakit diabetes yang sangat berbahaya bagi berfungsinya jantung.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA