DPR Segera Punya Gedung dengan Desain Baru

Jumat , 06 Nov 2015, 10:59 WIB
Gedung DPR
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Gedung DPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembangunan gedung baru DPR RI menuju kenyataan. Sayembara desain proyek ini, yang digelar beberapa waktu lalu oleh Sekretariat Jenderal DPR RI, kini sudah mempunyai pemenang. Kepala Hubungan Masyarakat dan Pemberitaan DPR Djaka Dwi Winarko mengungkapkan nama pemenang itu. "Gregorius nama pemenangnya,"  ucap Djaka saat dihubungi, Jumat (6/11).

Anggaran untuk proyek DPR itu sudah masuk dalam APBN 2016 yang diketok akhir Oktober lalu. Namun, besaran nilainya turun dari yang semula Rp 740 miliar menjadi Rp 570 miliar. Dana sebesar itu akan mencakup biaya konsultan, kepanitiaan, dan pembangunan fisik gedung itu sendiri. 

Djaka belum mau menjabarkan perincian fasilitas dan hal-hal baru apa saja dalam desain proyek yang menang sayembara ini. Seperti dimaklumi, proyek ini dinanti-nanti sebagian besar anggota legislatif. 

Lokasi gedung baru DPR tersebut rencananya akan bersebelahan dengan Gedung Nusantara I. Sejauh ini, yang disampaikan ialah adanya penambahan fasilitas ruang kerja, khususnya bagi para anggota dewan dan staf ahlinya. 

Kendati demikian, Djaka enggan memberikan konfirmasi terkait fasilitas-fasilitas lainnya atau akan dibangun berapa lantai gedung baru itu. Maket baru akan dibuka ke publik pada 30 November mendatang. 

"Itu kan masih rancangan desain. Nanti konkretnya tanggal 30 (November). Nanti akan didetailkan, termasuk maketnya," kata dia.