Selasa 03 Nov 2015 06:20 WIB

Sulit Fokus? Coba Makan Alpukat

Rep: C32/ Red: Indira Rezkisari
Alpukat kaya lemak baik, coba padukan dengan sedikit nasi dan gulung ala sushi untuk meraih manfaat baik alpukat.
Foto: EPA
Alpukat kaya lemak baik, coba padukan dengan sedikit nasi dan gulung ala sushi untuk meraih manfaat baik alpukat.

REPUBLIKA.CO.ID, Makanan tak hanya untuk memberikan asupan energi ketika seseorang sedangan merasa lapar setelah beraktivitas sehari-hari. Bagian tubuh kita yang lain juga membutuhkan asupan makanan untuk tetap optimal bekerja sesuai fungsinya.

Salah satunya otak, ternyata organ tubuh kita yang satu ini juga membutuhkan asupan agar bisa meningkatkan konsentrasi kita. Untuk itu, seperti dilansir WebMD, Selasa (3/11), bahan makanan ini baik untuk meningkatkan kinerja otak.

Ikan

Sumber protein yang paling besar meningkatkan konsentrasi otak adalah ikan. Ikan sangat kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan kunci untuk kesehatan otak. Lemak sehat ini bisa memberikan daya otak yang luar biasa. Seiiring bertambahnya usia, protein dari ikan sengat membantu untuk memainkan peran penting dalan meningkatkan memori. Untuk otak dan kesehatan jantung, makanlah dua porsi ikan setiap minggu.

Kacang dan cokelat

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber yang baik dari antioksidan vitamin E, yang telah dikaitkan dalam beberapa penelitian bisa menurunkan kognitif seiring pertambahan usia. Dark chocolate juga memiliki sifat antioksidan kuat dan mengandung stimulan alami seperti kafein yang dapat meningkatkan konsentrasi otak.

Makanlah sekitar satu ons kacang-kacangan dan dark chocolate dalam sehari. Hal tersebut dapat memberikan semua manfaat yang dibutuhkan dengan kalori, lemak, atau gula yang sedikit.

Alpukat dan biji-bijian

Diet dengan mengkonsumsi biji-bijian dan buah seperti alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu juga akan mengurangi risiko penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah. Biji-bijian seperti popcorn dan gandum juga berkontribusi melalui serat makanan dan vitamin E.

Meskipun alpukat memiliki lemak, namun bukanlah hal yang buruk. Lemak yang ada di alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menyehatkan aliran darah.

Blueberry

Penelitian pada hewan menunjukkan blueberry dapat membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu juga dapat mengurangi efek dari kondisi yang berkaitan dengan usia seperti penyakit alzheimer atau demensia.

Studi juga menunjukkan bahwa diet dengan mengkonsumsi blueberry dapat meningkatkan fungsi otot tikus data mengalami penuaan. Dengan begitu, blueberry bisa memberikan efek secara mental sama seperti tikus yang lebih muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement