Senin 02 Nov 2015 09:54 WIB

Cara-Cara Berikut Ini Diklaim Bisa Cegah Kanker (2-Habis)

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Indira Rezkisari
Kanker/ilustrasi
Foto: Republika/Prayogi
Kanker/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah penelitian terbaru di Australia mengungkap 13 langkah untuk mencegah kanker. Langkah-langkah tersebut, jika diterapkan dengan baik dan benar oleh masyarakat, diklaim mampu menurunkan risiko kanker secara signifikan hingga 37 ribu kasus per tahun.

Peneliti dari QMIR Berghofer Medical Research Institute, Queensland Australia, Profesor Whitehead mengatakan, dibutuhkan komitmen jangka panjang untuk mengubah gaya hidup agar upaya pencegahan kanker benar-benar berdampak di kemudian hari.

“Kanker tidak bisa dicegah hanya dengan meminum jus buah sekali dalam sepekan. Tidak ada pencegahan kanker yang instan, kecuali Anda mengubah gaya hidup untuk jangka panjang,” ujarnya, seperti dikutip laman Independent, belum lama ini. Berikut beberapa langkah pencegahan kanker yang penting.

Tangkal infeksi virus

Kanker yang mematikan juga bisa disebabkan oleh infeksi virus yang tinggi di dalam tubuh. Menurut catatan, ada 3.421 kematian akibat kanker per tahun di Australia yang dipicu oleh infeksi virus seperti human papilloma (yang dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita) dan hepatitis. Infeksi tersebut dapat dicegah dengan vaksinasi dan pemeriksaan diri secara rutin ke ahli medis.

Berhenti konsumsi alkohol

Mengurangi atau berhenti meminun minuman alkohol bisa mengurangi risiko berbagai macam kanker, seperti kanker hati, usus, payudara, dan kanker mulut. Secara keseluruhan, tercatat sebanyak 3.208 kematian akibat kanker per tahun di Australia yang dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol.

Banyak bergerak

Duduk berlama-lama dan kurang berolahraga minimal satu sam sehari, bisa menyebabkan kelebihan hormon dan rendahnya fungsi kekebalan tubuh seseorang. Kondisi ini juga merupakan salah satu pemicu yang menyebabkan kanker.

Terapi penggantian hormon

Terapi semacam ini bisa digunakan untuk meredakan gejala menopause pada wanita. Tahun lalu, ada 539 kematian akibat kanker (terutama payudara) yang menyerang para wanita menopause di Australia.

Menyusui

Menyusui bayi merupakan salah satu tugas yang dilakukan oleh kaum ibu. Yang menarik, menyusui selama 12 bulan dapat mencegah 235 kasus kanker setiap tahunnya.

Penggunaan pil kontrasepsi

Kontrasepsi oral seperti pil KB disebut sebagai pemicu 105 kasus kanker payudara dan 52 kausu kanker leher rahim di Australia. Akan tetapi, pil tersebut juga mampu mencegah 1.440 kasus kanker ovarium dan uterus (rahim) pada tahun lalu di negeri kanguru.

Konsumsi aspirin

Langkah ini diklaim dapat mencegah 232 kasus kanker kolorektal dan esofageal di Australia. Akan tetapi, karena obat ini juga dapa menyebabkan stroke, belum direkomendasikan sebagai pengobatan resmi terhadap risiko kanker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement