Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Pentingnya Terapkan Sarapan Bergizi pada Anak

Ahad 01 Nov 2015 07:37 WIB

Rep: C04/ Red: Winda Destiana Putri

Anak sarapan pagi (Ilustrasi)

Anak sarapan pagi (Ilustrasi)

Foto: Sheknows

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika memulai hari, kebutuhan gizi setiap anak harus terpenuhi. Terutama bagi anak-anak usia sekolah yang aktif, kegiatan sarapan pagi sangat penting untuk diterapkan guna membantu meningkatkan konsentrasi anak di sekolah.
 
Menurut riset Pergizi Pangan Indonesia tahun 2013, menyatakan bahwa konsumsi sarapan bernutrisi berperan besar bagi anak-anak sekolah. Selain dapat meningkatkan konsentrasi pada saat belajar, sarapan pagi juga berguna untuk membantu meningkatkan prestasi akademis, mempertahankan tubuh sehat sekaligus mencegah konsumsi jajanan yang tidak sehat.
 
Hal tersebut juga diungkapkan oleh spesialis gizi klinik RSCM, Dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK, menurutnya sarapan haruslah memenuhi minimal seperempat dari kebutuhan nutrisi harian. Diantaranya terdiri dari kandungan karbohidrat kompleks, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat yang cukup untuk membantu pencernaan.
 
"Karbohidrat kompleks dapat membantu memenuhi kebutuhan glukosa untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Jika dipadukan dengan lemak, dapat menjadi sumber tenaga yang sangat penting," ungkap Fia, dalam acara Peluncuran Rainbow Hoops di Locanda Food and Voyager Jakarta, belum lama ini.
 
Selain itu, Fia juga menambahkan protein sendiri membantu pertumbuhan tulang bagi anak. Sedangkan sayur dan buah berperan untuk memberi asupan serat, vitamin dan mineral.
 
"Untuk memenuhi unsur-unsur nilai gizi tersebut memang cukup merepotkan bagi para orang tua. Terutama bagi yang sehari-hari bekerja di kantoran. Jika tidak sempat membuat makanan berkabohidrat tinggi seperti nasi, disarankan mengkonsumsi makanan pengganti seperti sereal yang terbuat dari gandum dicampur dengan susu," tambahnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA