Ahad 25 Oct 2015 16:24 WIB

Ini Saat Sikat Gigi yang Paling Ampuh Hindari Karies

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Sikat gigi
Foto: pixabay
Sikat gigi

REPUBLIKA.CO.ID, Senyum adalah pesona setiap orang. Akan tetapi, pesona itu bisa berkurang bila terdapat karies gigi yang mengganggu.

Apa itu karies gigi? Karies adalah penyakit jaringan keras gigi yang bisa menyebabkan lubang dan kerusakan  pada struktur gigi. Apabila tak ditangani dan dibiarkan berlarut, penyakit ini dapat menyebabkan nyeri, infeksi, gigi tanggal, bahlan kematian.

Dokter gigi Ratu Mirah Afifah, selaku Head of Professional Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk, mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati. Sejumlah cara pencegahan yang bisa ia rekomendasikan ialah merawat kesehatan gigi dan rongga mulut secara berkala.

"Siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa dianjurkan menyikat gigi minimal dua kali sehari sesudah sarapan dan sebelum tidur menggunakan pasta gigi berfluoride," ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam kondisi normal selalu ada bakteri yang berdiam di rongga mulut. Jika masih terdapat sisa-sisa makanan, bakteri streptoccocus mutan itu akan mengubah semua makanan (terutama gula dan karbohidrat) menjadi asam.

"Karena itu diutamakan menyikat gigi malam sebelum tidur karena pada malam hari kuman berkembang biak lebih cepat," kata ia.

Bakteri, asam, sisa makanan, dan ludah dapat bergabung membentuk bahan lengket yang menempel pada gigi yang biasa disebut plak. Plak yang menempel pada gigi dan paling banyak ditemukan di geraham belakang itu akan membentuk mineral yang disebut karang gigi jika tidak dibersihkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement