Jumat 16 Oct 2015 07:27 WIB

Penyuka Kopi Pahit? Bisa Jadi Anda Psikopat

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Secangkir kopi
Foto: Republika/Prayogi
Secangkir kopi

REPUBLIKA.CO.ID, Sia-sia, egois, psikopat, sadis. Perilaku inimungkin akan terjadi pada Anda jika Anda lebih suka makanan atau minum yang pahit seperti kopi hitam atau air tonik.

Para ilmuwan Innsbruck University menguji lebih dari 1.000 orang selama studi mereka. Percobaan pertama melibatkan sekitar 500 orang, diantaranya berusia rata-rata 35 tahun. Mereka diminta untuk menilai preferensi makanan mereka, dan kemudian menyelesaikan empat tes kepribadian.

Tes ini memeriksa tingkat agresi, meminta subyek untuk menilai pernyataan seperti mengingat tindakan provokatif, kemungkinan memukul seseorang. Juga ciri-ciri kepribadian tertentu lainnya dieksplorasi. Misalnya kecenderungan berperasaan atau tidak peka, khususnya lima hal besar yakni sifat berlebihan, keramahan, berhati-hati, dan kestabilan emosi.

Lalu peserta diminta untuk menyelesaikan penilaian kecenderungan komprehensif tentang kesadisan pada diri mereka. Jadi, apa yang para ilmuwan itu cari tahu?

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa banyak orang-orang suka makanan dan minuman pahit yang stabil terkait dengan seberapa gelap kepribadian mereka," kata studi tersebut. Data baru membuktikan bahwa preferensi rasa pahit terkait dengan ciri-ciri kepribadian jahat. Dan, sifat-sifat yang benar-benar menakutkan.

"Kami menemukan korelasi kuat terutama dengan sadisme sehari-hari, yang konstruk berkaitan dengan masokisme jinak sebuah kegiatan yang memiliki kenikmatan menyakitkan," kata para peneliti, dikutip dari RT News, Jumat (16/1).

Jadi, kenapa kepribadian psikopat karena menyukai makanan atau minuman pahit? Christina Sagioglou, penulis studi tersebut, mengatakan bahwa makan makanan pahit mungkin setara dengan perasaan naik roller coaster yang membuat orang bisa menikmati perasaan takut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement