Rabu 14 Oct 2015 10:15 WIB

Hindari Konsumsi Daging Merah, Bila tak Ingin Kanker Usus

Rep: C04/ Red: Winda Destiana Putri
Daging merah
Foto: Republika/Prayogi
Daging merah

REPUBLIKA.CO.ID, Kanker usus merupakan penyakit yang berawal dari tumbuhnya tumor ganas yang menyerang organ pencernaan, terutama usus besar manusia.

Menurut ahli bedah perut RS Siloam Kebon Jeruk, dr Errawan R. Wiradisuria, SpB(K)BD, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit kanker usus besar yang diantaranya adalah:

Menghindari konsumsi daging merah

Daging merah merupakan makanan yang berat untuk diproses usus sehingga akan memberatkan kinerja usus. Mengkonsumsi daging merah olahan seperti sosis dan juga daging ham akan menyebabkan seseorang terkena risiko penyakit kanker usus besar.

Menerapkan pola hidup sehat

Selain melakukan hal-hal di atas, kita juga harus menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat bisa dilakukan dengan mengkonsumsi sayuran dan buah setiap hari. Selain itu juga melakukan olahraga selama 30 menit sampai dengan 45 menit per hari bisa menghindarkan kita dari resiko terkena penyakit kanker usus besar.

Perbanyak minum air putih

Air putih sangat penting untuk menjaga agar usus tetap bersih dan bebas dari bakteri mematikan. Air putih berfungsi membantu melancarkan pencernaan dan membuat sisa-sisa makanan yang ada diusus cepat terurai.

Menghindari konsumsi makanan instan

Mie instan memang sangat lezat jika di konsumsi, tapi mie instan merupakan salah satu makanan yang tidak baik bagi usus. Tingginya bahan pengawet dan zat berbahaya lainnya dapat membantu cara kerja usus untuk menyerap makanan. Selain itu, minuman bersoda, dan makanan olahan lainnya yang mengandung pengawet dicurigai juga dapat memicu kanker usus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement