Senin 12 Oct 2015 02:05 WIB

Hamilton Berjaya di GP Rusia, Mercedes Pastikan Juara Konstruktor

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton (kanan) usai menjuarai GP Rusia
Foto: REUTERS/Grigory Dukor
Pebalap Mercedes Lewis Hamilton (kanan) usai menjuarai GP Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, SOCHI -- Mercedes kembali menjadi juara dunia Formula Satu (F1) untuk konstruktor, meskipun balapan musim ini masih menyisakan empat seri balapan lagi. Kepastian ini didapat seusai gelaran Grand Prix Rusia pada Ahad (11/10).

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton menjuarai GP Rusia di Sochi, Ahad (11/10). Meskipun Nico Rosberg tidak bisa melanjutkan balapan, Mercedes mendapatkan keuntungan dari hukuman penalti yang diberikan steward kepada pebalap Ferrari Kimi Raikkonen.

Raikkonen mendapatkan penalti 30 detik sehingga melorot ke posisi kedelapan. Padahal hanya Ferrari yang bisa menahan laju Mercedes untuk menjadi juara.

Tambahan 25 poin dari Hamilton membuat Mercedes mengumpulkan nilai 531, mengungguli Ferrari yang baru mengumpulkan poin 359. Secara matematis, apapun hasil pada empat balapan tersisa tak akan mengubah posisi Mercedes di puncak klasemen konstruktor.

Adapun kemenangan kesembilan tahun ini membuat Hamilton kini memiliki 302 poin dalam klasemen pebalap, dengan Vettel mengambilalih Rosberg. Mantan juara empat kali itu kini berada di posisi kedua dengan 236 poin, dan Rosberg 229 poin.

Hamilton dapat merebut gelar juara dunia di Grand Prix Amerika Serikat pada 25 Oktober, jika hasil balapan berpihak padanya. Dia butuh mengalahkan Vettel dengan 10 poin dan Rosberg dengan dua poin.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement