Senin 12 Oct 2015 01:05 WIB

Minum Kopi Baik untuk Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Winda Destiana Putri
Save cancer, kanker (ilustrasi).
Foto: Foto : Mardiah
Save cancer, kanker (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Kopi sudah lama dikenal sebagai salah satu minuman paling populer di dunia. Cara menikmatinya pun sangat beragam. Ada yang menyajikannya sebagai minuman panas, dicampur dengan es, atau ditambah dengan sedikit bubuk krim.

Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Meski demikian, beberapa penelitian menunjukan, minum kopi dalam takaran wajar justru bisa menurunkan risiko kematian dini, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari meminum 1-4 cangkir kopi setiap hari, seperti dilansir Independent belum lama ini.

Menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2

Peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Menurut hasil temuan dari 28 studi yang melibatkan 1 juta lebih partisipan orang dewasa, mereka yang minum tiga atau lebih cangkir kopi sehari memiliki risiko relatif 21 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang meminumnya.

Bahkan, mereka yang minum enam cangkir atau lebih sehari, risiko terkena diabetes tipe 2 menurun sebesar 33 persen. Komponen aktif kopi membantu mengurangi stres oksidatif, serta ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan. Kopi mengandung asam klorogenik, yang telah terbukti mampu meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitifitas insulin. Sementara asam cafeik yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan kinerja otot menggunakan glukosa darah, serta memiliki rangasangan kekebalan dan anti-inflamasi.

Menurunkan risiko terkena kanker prostat

Menurut temuan dari 13 studi yang melibatkan lebih dari 530 ribu partisipan, mereka yang minum kopi memiliki risiko relatif 10 persen lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan mereka yang minum sedikit. Tidak hanya itu, ada penurunan risiko kanker prostat sebanyak 2,5 persen untuk setiap tambahan dua cangkir kopi yang mereka minum per hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement