Sabtu 10 Oct 2015 22:00 WIB

FORNAS ke-3 Bali Kuatkan Fondasi Karakter Bangsa

FORNAS 3 Bali
Foto: dok
FORNAS 3 Bali

REPUBLIKA.CO.ID,  DENPASAR – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi secara resmi membuka Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-3 di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Bali, Sabtu (10/10) siang.

Dalam sambutannya, Menpora mengatakan, olahraga merupakan fondasi bagi pembentukan kekuatan karakter bangsa. "Selain semangat visi 2020 Indonesia Bugar, kami ingin kembali menggelorakan semangat memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,” ujar Imam Nahrawi.

Sebelum FORNAS ke-3 resmi dibuka sekitar pukul 11 Wita itu, digelar jalan sehat massal yang diikuti sekitar 7.000 peserta, menempuh jarak sekitar 5 km menapaki jalanan sekitar Lapangan Niti Mandala. Jalan sehat massal yang bertepatan dengan Hari Jalan Sedunia (World Walking Day), 10 Oktober.  Jalan sehat massal itu dimulai sekitar pukul 06.30 Wita.

Meski berlangsung dalam kesederhanaan, antusiasme peserta begitu kuat untuk memeriahkan Fornas 2015. Mayoritas dari 7.000 ribu peserta dari 34 provinsi itu datang dengan biaya pribadi. Para peserta juga tampak menikmati setiap prosesi, baik pembukaan maupun saat ‘kompetisi’ dengan riang gembira.

Pembukaan FORNAS ke-3 diwarnai dengan aneka suguhan tari dan musik. Ratusan peserta larut bersama-sama menari dengan gembira. “Ini memang yang membedakan olahraga rekreasi dengan olahraga prestasi,” kata Ketua Bidang Promosi dan Media FORMI Nasional, Ervik Ari Susanto dalam keterangannya. “Di olahraga rekreasi, partisipasi itu lebih kental,” tuturnya.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut antara lain  Deputi III Pembudayaan Olahraga Faisal Abdullah, Ketua Umum FORMI Hayono Iman dan Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta.

FORNAS 2015 akan melombakan 34 cabor yang terbagi ke dalam katagori: kesehatan dan kebugaran, olahraga tradisi dan budaya dan katagori petualangan dan tantangan. Kategori pertama yaitu kategori kesehatan dan kebugaran sebanyak 10 Cabor dengan melibatkan yayasan jantung sehat senam tera, senam PORPI dan Orhiba.

Kedua, ketegori olahraga tradisi dan budaya sebanyak 13 cabang olahraga diantaranya hadang dagongan, pencak silat, tarik tambang. Kemudian ketegori olahraga petualangan dan tantangan terdapat 11 cabang olahraga diantaranya BMX, skateboard dan street soccer.

FORNAS 3 Bali juga diikuti para peserta dari negara-negara sahabat. Dalam perlombaan di hari pertama, misalnya, cabor airsoft gun juga diikuti peserta dari Malaysia. Demikian pula pada cabor cheerleader yang akan digelar pada Ahad (11/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement