Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Ambisi Timnas Israel

Sabtu 10 Oct 2015 15:12 WIB

Rep: c17/ Red: Fernan Rahadi

Tal Ben Haim

Tal Ben Haim

Foto: guardian.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM --  Israel memiliki ambisi meraih tiga poin penuh kala menjamu Siprus pada lanjutan Grup B Piala Eropa 2016 pada Ahad (11/10) dini hari WIB. Menduduki peringkat ketiga dengan raihan 13 poin, skuat Eli Guttman masih belum aman dari kejaran Bosnia-Herzegovina demi memperebutkan jatah ke fase play-off.

Untuk menghindari kejaran Bosnia yang hanya memiliki selisih dua poin di posisi keempat, Tal Bein Haim dan kawan-kawan harus meraih hasil penuh pada sisa dua laga.

Pertandingan melawan Siprus akan digelar di markas Israel, Stadion Teddy, Yerusalem. Hasil imbang 0-0 melawan Belgia pada laga sebelumnya menjadi modal kuat bagi Israel untuk memenangkan pertarungan nanti.

Sayangnya, Israel pada laga nanti belum bisa diperkuat salah satu gelandang andalannya, Bibras Natcho. Gelandang berusia 27 tahun itu mengalami cedera saat memperkuat timnya, CSKA Moscow, melawan Dynamo Moscow akhir pekan lalu.

Cederanya Natcho menambah penderitaan Israel yang sudah dipastikan tak akan diperkuat sejumlah pemain seperti Eyal Meshumar, Sheran Yeini, Lior Refaelov, Ben Sahar, Rami Gershon and Maor Buzaglo. Kondisi tersebut memaksa Guttman memanggil sejumlah muka baru di antaranya Oded Elkayam dan Dor Peretz.

Meskipun hampir dipastikan tanpa diperkuat Natcho, Guttman mengaku tak khawatir. Menurut dia, masih banyak pemain yang bisa menggantikan gelandang yang telah memiliki 41 caps tersebut.

"Cedera adalah bagian dari sepak bola. Sebagai pelatih saya bisa memanggil pemain lainnya. Seluruh pemain dalam skuat pantas berada di sini dan yang terpenting adalah semangat tim," ujar Guttman dilansir //the Jerusalem Post//, tengah pekan ini.

Melawan Siprus, pelatih berusia 57 tahun itu memprediksi laga akan berjalan sengit. Apalagi Siprus juga memiliki kepentingan untuk menang demi meraih tiket play-off. "Melawan Siprus akan berat. Akan tetapi kami tahu caranya menghadapi tantangan ini," katanya menambahkan.

Sementara itu, tim tamu pada pertandingan terakhirnya menelan kekalahan 0-1 menjamu Belgia. Hasil tersebut membuat mereka mencatatkan dua kekalahan beruntun dalam dua laga terakhirnya.

Siprus memang masih bisa finis di urutan ketiga dan merebut jatah play-off, akan tetapi mereka harus mengalahkan Israel serta Bosnia pada laga terakhirnya, dengan catatan, Belgia harus menumbangkan Israel pada saat yang sama.

Pada laga pertama keduanya di kandang Siprus, Israel sukses menang 2-1. Saat itu, striker Israel, Tal Ben Chaim, mencetak satu gol dan satu assist untuk kemenangan the Blue and Whites.

Israel sejauh ini telah memainkan delapan pertandingan dengan raihan empat kemenangan, sekali imbang, dan tiga kali kalah. Dalam lima pertemuan dengan Siprus, Israel mendominasi dengan memenangkan empat pertandingan dan satu kali imbang.

n c17

ed: fernan rahadi

BOX

Lima Pertemuan Terakhir

11/10/14    Siprus    1-2    Israel   

18/11/04    Siprus    1-2    Israel   

09/09/04    Israel    2-1    Siprus   

01/05/03    Israel    2-0    Siprus   

30/03/03    Siprus    1-1    Israel   

Prediksi Susunan Pemain   

Israel (5-3-2)   

Pelatih: Eli Guttman

Kiper: Marciano   

Bek Kanan: Dasa   

Bek Kiri: Ben Harush   

Bek Tengah: Dgani, Ben Haim, Tibi   

Gelandang Kanan: Bitton

Gelandang Tengah: Ben Chaim

Gelandang Kiri: Kayal

Penyerang: Zahavi, Dabour

Siprus (4-4-2)   

Pelatih: Pambos Christodoulou

Kiper: Georgallides

Bek Kanan: Demetriou   

Bek Kiri: Antoniades       

Bek Tengah: Junior, Laifis   

Gelandang Kanan: Charalambidis   

Gelandang Kiri: Makris   

Gelandang Tengah: Nikolaou, Economides   

Penyerang: Mitidis, Makridis

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA