Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

PBNU Gelar Kirab Hari Santri Pada 22 Oktober Mendatang

Rabu 07 Oct 2015 11:16 WIB

Rep: Marniati/ Red: Bilal Ramadhan

Jokowi ketika berjanji menetapkan 1 Muharram menjadi Hari Santri Nasional.

Jokowi ketika berjanji menetapkan 1 Muharram menjadi Hari Santri Nasional.

Foto: Republika/Wihdan H

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada tanggal 22 Oktober nanti, Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) akan mengadakan serangkaian kegiatan untuk memperingati hari santri. Salah satunya kirab hari santri nasional yang akan dimulai dari Tugu Pahlawan Surabaya dengan melewati 30 PCNU sepanjang jalur Pantura dan berakhir di Tugu Proklamasi Jakarta.  

"Seluruh rangkaian kegiatan ini akan dimulai pada tanggal 16 Oktober- 22 Oktober dengan melibatkan tokoh masyarakat, pondok pesantren, komunitas-komunitas NU, warga nahdliyyin, banom-banom NU, lembaga-lembaga NU dan masyarakat setempat," ujar koordinator acara, Aizuddin Abdurrahman di Jakarta (6/10).

Ia menjelaskan, selain kirab hari santri juga akan diadakan kegiatan lain. Yakni Ziarah Kolektif Napak Tilas Pendiri NU Setempat, Lailatul Ijtima’ Nusantara, Manaqib Mu’assis NU atau Bedah Tokoh Lokal. Wayangan hari santri, konser musik religi, hadrah, Istighotsah dan pengajian umum serta Haul Akbar Muassis NU.

Selain itu, juga akan diadakan pemutaran film “Sang Kiai”, pameran foto/lukisan hari santri nasional dan Lomba Karya Ilmiah & Kuis hari santri nasional. Kegiatan lainnya yaitu karnaval atau jalan sehat  dan pengobatan gratis, donor darah serta bakti sosial.

PBNU juga bekerjasama dengan TNI AL untuk mengadakan Ekspedisi Pelayaran Hari Santri Nasional dengan melakukan Apel laut lintas Jakarta–Surabaya–Bali yang akan diikuti lebih dari 1.000 santri.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA