Senin 05 Oct 2015 07:42 WIB

Ini Cara Cari Tahu Anda Kelebihan Atau Kurang Gizi

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Duduk terlalu lama atau kurang aktif bergerak menjadi penyumbang sebab berat badan tak kunjung turun.
Foto: flickr
Duduk terlalu lama atau kurang aktif bergerak menjadi penyumbang sebab berat badan tak kunjung turun.

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk mengetahui Anda kekurangan gizi atau justru kelebihan gizi, Anda bisa menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT). Jika IMT Anda berada di bawah 18,5 kilogram per meter persegi, maka Anda bisa dikatakan kurang gizi. Tapi jika IMT Anda, 18,5 sampai 22,9 kilogram per meter persegi, maka Anda termasuk kategori normal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinik Dr dr Inge Permadhi, MS, SpGK. Lalu berapa IMT orang yang dikatakan kelebihan berat badan dan obesitas? Bagaimana menghitungnya?

Nah, untuk orang yang dikatakan kelebian berat badan adalah mereka yang memiliki IMT di atas 23 sampai 24,9 kilogram per meter persegi. Dan masuk dalam kategori obesitas tipe satu jika IMT Anda 25 sampai 29,9 kilogram per meter persegi. Lalu jika IMT Anda sama dengan atau di atas 30 kilogram per meter persegi, maka Anda termasuk obesitas tipe 2. Dan yang paling parah adalah jika IMT Anda mencapai 40 kilogram per meter persegi atau lebih. Maka Anda termasuk kategori morbid obese atau obesitas berlebihan. Wah mengerikan, ya.

Lalu, bagaimana caranya menghitung IMT? Inge menjelaskan cara menghitungnya mudah saja. Rumusnya adalah berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter persegi.

Contohnya, Anda memiliki berat badan 50 kilogram dan tinggi badan 160 sentimeter atau dalam meter berarti 1,6 meter. IMT-nya adalah 50 kilogram dibagi 1,6 meter dikali satu 1,6 meter. Hasilnya IMT Anda adalah 19,53 kilogram per meter persegi. Dan ini masuk kategori normal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement